Mengenal Minyak Sereh (Citronella Oil)

 

Mengenal Minyak Sereh (Citronella Oil)

Minyak Sereh (Citronella Oil) telah digunakan selama berabad-abad di Cina, Indonesia dan Sri Lanka untuk mengurangi ruam, inflamasi, infeksi, rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya. Minyak Sereh memiliki konsentrasi tinggi antioksidan dan fitokimia yang berasal dari batang dan daun sereh wangi (Cymbopogon nardus). Minyak ini banyak digunakan sebagai minyak wangi alami, penolak serangga, serta menjadi bagian dalam produk kecantikan dan rumah tangga.

Menurut puluhan studi klinis, Minyak Sereh murni memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan antijamur. Penggunaan paling populer Minyak Sereh adalah sebagai bagian dalam produk penolak serangga karena secara alami mampu mengusir nyamuk dan serangga lain.

U.S. Environmental Protection Agency menganggap citronella sebagai “biopestisida” yang efektif melawan merangga namun bukan merupakan substansi beracun. Karena efektif melawan infeksi, bakteri dan jamur, Minyak Sereh juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan perabot dan memurnikan udara.

Manfaat Minyak Sereh (Citronella Oil)

1. Pengusir Serangga Alami

Citronella telah terdaftar sebagai penolak serangga di Amerika Serikat sejak tahun 1948. Citronella bahkan mampu mengusir nyamuk Aedes aegypti, yang menyebarkan “demam berdarah.” Menurut beberapa penelitian, kamu perlu kembali mengoleskan Minyak Sereh setiap 30-60 menit untuk mempertahankan efektivitasnya sebagai pengusir serangga. Kamu dapat mengkombinasikan Minyak Sereh dengan beberapa tetes minyak kelapa dan mengoleskannya ke tubuh seperti lotion. Cara lain, larutkan beberapa tetes Minyak Sereh dalam botol semport berisi air dan gunakan untuk menyemprot kulit atau pakaian kamu. Menerapkan Minyak Sereh langsung ke tubuh dianggap lebih efektif untuk memerangi serangga dibanding dalam bentuk lilin aromaterapi.

2. Anti-inflamasi dan Pereda Nyeri

Karena sifat antioksidan dan kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, citronella sering digunakan sebagai pengobatan arthritis alami, khususnya untuk mengurangi nyeri yang terkait dengan masalah ortopedi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kombinasikan 2-3 tetes Minyak Sereh dengan carrier oil seperti minyak kelapa dan pijatkan ke sendi dan otot yang bengkak, atau berendam dalam air citronella hangat untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

3. Mengurangi Stres

Minyak Sereh bermanfaat menenangkan pikiran dan berkontribusi mengurangi stres serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Kamu bisa mendifusikan di rumah, memijatkan ke kulit atau menyemprotkannya ke sprei tempat tidur.

4. Membantu Pencernaan

Citronella mendukung organ pencernaan dengan mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi hati, perut dan usus. Senyawa tertentu dalam citronella mencegah pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan dan mempercepat penyembuhan penyakit serta luka. Minyak ini juga mampu membunuh organisme (parasit atau cacing) dalam usus kecil dan besar. Kamu bisa menelan Minyak Sereh dalam jumlah kecil untuk memberi perlindungan terhadap leaky gut syndrome (sindrom usus bocor), penyakit autoimun, infeksi pada usus, saluran kencing, kandung kemih, saluran pencernaan, prostat, dan ginjal.

5. Melancarkan Detoksifikasi

Memiliki sifat sebagai agen diaphoretic (merangsang keringat) dan agen diuretic (merangsang berkemih), citronella dapat membantu upaya mengeluarkan racun dari tubuh. Minum satu sampai dua tetes citronella essential oil murni dengan madu dan lemon serta air hangat dapat meningkatkan peluruhan kelebihan lemak, sodium, asam urat dan racun.

6. Pengharum Alami

Karena memiliki aroma bersih dan segar, mirip aroma lemon atau lemongrass, citronella merupakan bahan yang umum ditemukan dalam sabun, lilin, dupa, parfum dan kosmetik. kamu dapat menghilangkan bau di rumah, pencuci piring, kulkas dan mesin cuci dengan mendifusikan atau menyemprotkan Minyak Sereh yang telah dilarutkan dengan air.

7. Melemaskan Otot

Minyak Sereh membantu meningkatkan aliran darah sehingga menurunkan kejang otot, nyeri, kram dan pembengkakan. Coba pijatkan Minyak Sereh yang telah dicampur dengan carrier oil ke otot yang sakit atau ke daerah perut untuk meredakan kram PMS.

8. Pembersih Dapur

Minyak Sereh terbukti memiliki sifat antijamur dan sifat antibakteri kuat sehingga membantu membersihkan dapur, kamar mandi atau permukaan rumah tangga tanpa perlu bahan kimia. Senyawa dalam minyak ini, termasuk methyl isoeugenol, efektif mengurangi patogen dari makanan dan bahkan bakteri berbahaya.

9. Perawatan Kulit Alami

Selain mencegah gigitan serangga, penelitian menunjukkan Minyak Sereh juga bisa membantu menyembuhkan dermatitis, mengobati eksim, memperlambat penuaan kulit, menyembuhkan bekas gigitan serangga dan mengobati infeksi jamur pada kulit. Minyak ini juga mampu mempercepat penyembuhan luka, dan mungkin bermanfaat menanggulangi jerawat, menyingkirkan kutil, mengobati bisul dan menyembuhkan bintik-bintik pada kulit terkait usia. Menggunakan Minyak Sereh juga dapat membuat kulit tampak muda dan halus dan bahkan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kombinasikan sejumlah kecil Minyak Sereh dengan minyak kelapa dan pijatkan ke wajah, atau tambahkan 1-2 tetes pada air mandi atau air pencuci wajah. Sebagai obat rumah untuk jerawat, cobalah mengoleskan satu tetes citronella essential oil murni pada jerawat tiga kali sehari. Pastikan menggunakan kapas steril.

10. Menenangkan Hewan Peliharaan

Walaupun terdengar aneh, Minyak Sereh efektif menenangkan anjing yang selalu menggonggong. Selain itu, menyemprotkan citronella pada furnitur atau sprei akan membuatnya bebas dari bakteri, hama dan bau. Tambahkan beberapa tetes ke botol semprot bersama dengan air, kocok, dan semprotkan ke seluruh rumah dan barang-barang rumah tangga.

11. Shampo dan Conditioner Alami

Salah satu penggunaan paling populer Minyak Sereh adalah sebagai pembersih sekaligus kondisioner rambut. Minyak ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak pada rambut sekaligus memerangi ketombe dan membuat rambut bersinar. Banyak orang juga merasa Minyak Sereh menambah volume pada rambut, mencegah kusut dan membantu melindungi warna rambut dari kerusakan akibat matahari. Tambahkan beberapa tetes ke shampo atau conditioner, atau buat resep buatan sendiri menggunakan cleansing oil seperti minyak kelapa, yang juga bermanfaat bagi rambut.

Post a Comment for "Mengenal Minyak Sereh (Citronella Oil)"