Cryptocurrency melawan balik: Apakah sudah waktunya untuk masuk kembali?

Tulisan ini akan mengungkapkan lebih banyak fakta dan mitos tentang cryptocurrency, termasuk apakah ini waktu yang aman untuk berinvestasi.

Cryptocurrency melawan balik: Apakah sudah waktunya untuk masuk kembali?

Bahkan jika pasar berfluktuasi, sekarang adalah waktu yang aman untuk berinvestasi dalam cryptocurrency?

Keamanan investasi adalah masalah subjektif. Individu memiliki toleransi risiko yang sangat berbeda untuk investasi. Beberapa orang menginginkan investasi yang stabil dan menghasilkan uang; yang lain menginginkan beberapa risiko (volatilitas).

Saran untuk berinvestasi dalam cryptocurrency selalu sama dengan siapa pun yang ingin berinvestasi baik itu dana real estate, saham, atau cryptocurrency. Aturan dasar investasi masih berlaku: 

"Jika Anda ingin cepat kaya, jangan berinvestasi dan jangan berinvestasi lebih dari yang Anda sanggup untuk tanggung saat kehilangan."

Baca Juga :  Harga Cryptocurrency hari ini: Bitcoin dan Ethereum berada di bawah tekanan setelah kenaikan tajam

Kecuali Anda adalah seorang trader berpengalaman (walaupun kadang mereka salah), kebanyakan orang yang mencoba mengatur waktu pasar biasanya akan sering mengalami kesalahan.

Beberapa orang mungkin ingin menginvestasikan 20%, 50%, atau bahkan 70% dari kekayaan mereka yang dapat diinvestasikan dalam aset crypto karena mereka sangat mempercayainya. Apakah Anda mau melakukannya atau tidak, Anda tidak dapat memprediksi masa depan secara tepat.

Tidak peduli siapa yang memberi tahu Anda bahwa mereka tahu arah pasar mana pun, mereka mungkin saja berbohong kepada Anda. Karena itu, jadilah cerdas dan investasikan jumlah yang cocok untuk Anda.

Akan menjadi jutawan dalam waktu seminggu setelah berinvestasi dalam cryptocurrency?

Mata Uang Crypto

Sekali lagi, itu semua tergantung pada toleransi risiko Anda. Jika Anda memutuskan untuk membeli Cardano (ADA) senilai Rp500.000 dan menggandakannya dalam seminggu, maka ya, Anda akan menjadi jutawan, tetapi ini membawa risiko besar karena kebalikannya juga bisa terjadi. Anda dapat membeli Rp500 000, turun 50%, dan Anda akan kehilangan Rp250.000 dalam seminggu. Itu semua tergantung pada toleransi risiko dan seberapa banyak Anda bersedia untuk berinvestasi.

Bitcoin adalah satu-satunya cryptocurrency berskala besar dan paling tepercaya?

Meskipun Bitcoin adalah cryptocurrency paling tepercaya, terutama karena crypto ini adalah cryptocurrency pertama diciptakan. Oleh karena itu, ini sudah ada sejak lama, tetapi itu bukan satu-satunya cryptocurrency. Ada lebih dari 4000 cryptocurrency, beberapa di antaranya akan mengejar Bitcoin. Ether, yang menggunakan blockchain Ethereum, adalah cryptocurrency terbesar kedua, terhitung hampir 18% dari total pasar. Ada lebih banyak industri kripto yang sedang dibangun, termasuk DeFi (keuangan terdesentralisasi) yang menarik perhatian investor dan berkembang pesat.

Berinvestasi dalam cryptocurrency, seperti berinvestasi dalam aset apa pun, bisa mendapatkan pengembalian terbesar dalam fakta strategi jangka panjang?

Karena volatilitas Bitcoin, ini adalah aset penting yang dapat diinvestasikan dalam tabungan seumur hidup. Tetapi seperti kebanyakan kelas aset, ini berkontribusi pada pengembalian portofolio yang lebih luas ketika ditambahkan. Ingatlah bahwa terlepas dari volatilitas, pemegang Bitcoin telah dihargai dengan mahal. Bitcoin telah meningkat lebih dari 220.000% dalam 10 tahun terakhir. Ini berbeda dari investasi lainnya.

Tapi inilah triknya. Bitcoin memiliki kemampuan unik karena tidak relevan dengan hampir semua kelas aset lainnya. Ini telah membawa manfaat diversifikasi yang besar dan seperti yang pernah dikatakan Harry Markovitz (pemenang Nobel di bidang ekonomi). Dalam jangka panjang, penggunaan sekitar 2-5% dari kekayaan yang dapat diinvestasikan dalam mata uang kripto dapat sangat meningkatkan pengembalian per unit risiko (rasio tajam). 

Hosting Unlimited Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia