Investor Cryptocurrency AS Siap Untuk Bayar Lebih Banyak Pajak, Trader Minta Aturan Lebih Jelas!

Aturan baru mengenai perpajakan crypto merupakan rencana tambahan akhir dari rencana pengelolaan infrastruktur dari pajak senilai $550 miliar yang saat ini sedang dipertimbangkan oleh Senat AS. Aturan ini akan memaksa para trader yang memiliki nilai aset digital lebih dari $10.000 dan dirancang untuk mengumpulkan dana sekitar 28 miliar dolar AS/tahun. 

Pajak Crypto

Langkah ini telah meningkatkan pengawasan IRS (Internal Revenue System - Lembaga Pajak Amerika) baru-baru ini terhadap Bitcoin, Ethereum, dan pedagang aset digital lainnya. Badan tersebut berjanji untuk mengeluarkan aturan baru yang memperjelas bagaimana mata uang virtual ini harus dikenakan pajak.

Baca Juga : Cryptocurrency melawan balik: Apakah sudah waktunya untuk masuk kembali?

Benar saja, langkah baru Senat untuk meminta pialang kripto melaporkan transaksi ke IRS mengakibatkan beberapa tagihan pajak di kalangan para trader, namun tidak memperjelas aturan main yang dipakai untuk mengenakan pajak kepada para trader dan pengguna Bitcoin dan token digital lainnya.

Perpajakan atas transaksi kripto bisa sangat merepotkan, terutama bagi mereka yang melakukan banyak transaksi per tahun. Meskipun perusahaan pialang saham tradisional diharuskan mengirim formulir pajak terperinci kepada klien, pertukaran mata uang kripto tidak. Bahkan jika perusahaan exchange ingin membantu pelanggan mereka mengajukan pembayaran pajak, tidak selalu jelas bagaimana melakukannya berdasarkan peraturan saat ini.

Exchange Crypto

Mereka yang memperdagangkan mata uang digital harus membayar pajak penghasilan atas penghasilan apa pun, meskipun beberapa investor cryptocurrency telah mengabaikan kewajiban pajak mereka. Bahkan bagi mereka yang ingin mematuhi hukum pun, sebenarnya sulit untuk melacak apa yang telah terutang dari transaksi mereka selama ini.

Baca Juga : Rencana Jalur Startup Terenkripsi MasterCard untuk Perusahaan Global

Selain itu, kewajiban pajak mungkin muncul di tempat-tempat yang mengejutkan. Orang yang menggunakan mata uang digital untuk membeli barang, seperti Tesla atau pizza sekalipun, harus membayar pajak untuk setiap kenaikan nilai mata uang kripto yang mereka belanjakan.

Industri Exchange Cryptocurrency menyatakan keprihatinan mereka bahwa Senat AS bergegas untuk menerapkan aturan tersebut tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mereka. Beberapa orang ingin tahu apakah aturan baru tersebut dan masalah regulasi akan mendorong investor untuk bergabung di exchange atau malah merusak daya tarik dari cryptocurrency dengan melumpuhkan semua etos kerja cryptocurrency selama ini. Bagaimana menurut pendapat anda? Bisakah hal ini terjadi juga di Indonesia?

Hosting Unlimited Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia