Tips Gorengan Tetap Renyah Dalam Waktu Lama

Gorengan adalah jenis makanan yang mudah untuk dibuat dan disajikan. Cukup panaskan minyak dan goreng bahan dalam minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan. Namun, ketika gorengan disimpan dan menjadi lembap dan lembek, Anda tentu tidak ingin memakannya.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara memasak dan menyimpan gorengan agar gorengan tetap renyah meski disimpan dalam waktu lama.​​

Memasak dengan air dingin dan soda kue

Pertama, campurkan campuran tepung dengan air dingin atau es untuk membuat kentang goreng. Air bersuhu rendah bisa membuat kentang goreng lebih renyah nantinya. Jangan lupa aduk rata.

Kemudian, tambahkan sejumput atau 1/4 sendok teh soda kue ke dalam campuran. Soda kue akan membuat adonan sedikit mengembang dan akhirnya menjadi lebih kering. Setelah itu, tahu, tempe dan sayuran direndam dalam campuran tepung ini, misalnya untuk membuat bakso.

Alasi dengan tisu dapur atau kertas cokelat

Saat dikeluarkan dari panci, gorengan akan menetes dari sisa minyak. Jika diletakkan langsung di atas piring, sisa minyak akan mengendap di bawah goreng, membuat goreng menjadi lembab. Karena permukaan bahan apapun tidak bisa menyerap tetesan minyak secara optimal. Karena itu, sebarkan dulu tisu dapur atau kertas cokelat di atas piring.

Namun, sebelum meletakkan makanan yang digoreng di atas tisu atau kertas cokelat, tiriskan dengan saringan sampai minyak berhenti menetes. Anda bisa menggunakan cara ini untuk gorengan kecil seperti kentang goreng.

Letakkan di rak pendingin

Jika Anda pergi ke restoran cepat saji ayam goreng, pasti ada rak penyimpanan ayam goreng di belakang kasir. Saya tidak tahu kapan digoreng, tapi ayam gorengnya pasti renyah.

Nah, ternyata rak itu disebut rak pendingin. Rak pendingin membantu menjaga kerenyahan gorengan, terutama gorengan berukuran besar seperti ayam goreng.

Sebab, di dalam cooling rack terdapat alas yang berbentuk seperti lubang saringan besar, sehingga minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa menetes ke bawah alih-alih tetap berada di bawah gorengan yang pada akhirnya akan membuatnya lembek.

Pada dasarnya, rak pendingin digunakan untuk menyimpan roti panggang atau kue kering, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk mengeringkan kentang goreng yang baru dimasak.

Bagaimana jika ingin dibawa sebagai bekal makan siang?

Gorengan memang aturan praktis, tapi begitu kotak makan siang dibuka, gorengannya sudah sangat lamban. Cara mengatasinya adalah dengan mencegah gorengan berasap terlebih dahulu.

Setelah dingin, masukkan ke dalam kotak makan siang dan segera tutup. Kemudian, gunakan kotak makan siang yang tertutup rapat agar kentang goreng lebih tahan lama.

Selain itu, perhatikan juga makanan lain yang ada di kotak yang sama dengan gorengan, terutama yang ada uapnya yang bisa melembabkan kotak makan siang. Misalnya nasi dan ayam goreng.

Untuk melakukan ini, pertama tambahkan nasi, biarkan masak perlahan sampai uapnya habis, lalu tambahkan gorengan yang didinginkan dan tutup kotak makan siang.

Bukankah itu mudah? Jika Anda ingin memanaskan kentang goreng yang Anda bawa ke kantor, Anda cukup menggunakan oven microwave yang sudah ada di pantry kantor selama delapan menit. Semoga berhasil.

Post a Comment for "Tips Gorengan Tetap Renyah Dalam Waktu Lama"

SimpleWordPress
SimpleWordPress