5 Brand Kerajinan Kulit Lokal Terbaik di Indonesia

Jessica Iskandar dengan Celtrine Bag dari Garut Kulit
Bagi kamu penggemar produk berbahan dasar kulit, kamu perlu mengenal banyak brand kerajinan kulit lokal terbaik di Indonesia. Brand lokal ini menghasilkan produk kulit berkualitas tinggi yang juga tidak kalah dengan brand-brand di luar negeri. Produk berbahan dasar kulit yang dihasilkan dari brand lokal ini cukup beragam, ada sepatu, tas, dompet, ikat pinggang, dan aksesoris gantungan kunci. Kamu bisa cek rekomendasi 5 brand kerajinan kulit lokal terbaik di Indonesia di bawah ini.

1. Garut Kulit

Garut Kulit, salah satu brand produk kulit terbaik di Indonesia, memulai usahanya sebagai usaha kecil dan menengah (UKM) bidang kerajinan produk kulit lokal di pertengahan tahun 2012. Berawal dari garasi rumah, Garut Kulit muncul sebagai Brand Produk Kulit Indonesia yang berani menerima proyek besar pemesanan jaket kulit dari Luar Negeri, yang merupakan “pelanggan” di komunitasnya yang berada di luar negeri. Meski saat itu masih berupa proyek rintisan, ternyata Garut Kulit menghasilkan produk yang sangat dibutuhkan pembeli. Ilmu kerajinan kulit banyak diperoleh dari rekan sesama pengrajin kulit di kota Garut, yang memang terkenal dengan kualitas kerajinan kulitnya.

Tidak hanya itu, Garut Kulit juga sudah berhasil memproduksi banyak souvenir acara untuk klien-klien perusahaan besar di Indonesia, dari mulai perusahaan perbankan, firma hukum, hingga perusahaan fast-moving consumer goods.

Perlahan tapi pasti, karena reaksi yang diberikan semakin positif, Garut Kulit, kembali mencoba menyiapkan pesanan produk kulit dari luar negeri lainnya. Awal tahun 2015, perusahaan ini berhasil mengirimkan produknya ke Negara Kenya, Afrika.

Tahun 2016, Garut Kulit mengambil langkah profesional mereka dalam bisnis produk kulit, dengan mendaftarkan merek dagangnya yang terdaftar di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual Indonesia). Tahun 2017, berdiri CV Garut Kulit Internasional dengan tujuan untuk mempromosikan produk kerajinan kulit dalam kegiatan ekspor dunia. Tidak heran jika perusahaan ini didapuk sebagai Juara 1 Export Start-up Competition di tahun 2019.

Sebagai produk kulit terbaik asal Indonesia, Garut Kulit kini tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga terkenal di luar negeri, dan hingga kini mereka menunjukkan kualitas produknya di pasar produk kulit dunia.

2. Pribadi

Pribadi, brand kerajinan kulit lokal yang ingin menunjukkan ciri khas produknya yang memiliki karakter baik, jujur dan rajin. Pendirinya, Hans Pribadi bersama 2 orang rekannya, mengatakan bahwa keberadaan Pribadi sebagai brand kerajinan kulit lokal  juga untuk mengedukasi masyarakat tentang produk - produk yang berbahan kulit. 

Biasanya, butuh waktu 5 - 6 jam untuk pengrajin dalam membuat dompet berbahan dasar kulit. Pribadi justru perlu 12 - 14 jam, karena apa? Brand ini tidak menggunakan mesin dalam proses pengerjaannya, lebih ke kerajinan tangan. Jadi, dalam proses pembuatannya ada unsur manusianya yang menciptakan karakter produk yang mereka ingin tunjukkan kepada khalayak.

3. Kael Leather Goods

Hadir sejak 2013 dan setelah delapan tahun berkembang, brand kerajinan kulit lokal Kael Leather Goods, yang berfokus pada produk fashion khusus pria ini, kini telah membuka cabang di beberapa tempat pusat perbelanjaan di kota sekitar Jabodetabek. Salah satu keunggulan dari leather goods ini adalah produknya yang tahan terhadap suhu yang begitu ekstrim.

Banyak dari produk - produk berbahan dasar kulit yang sangat rentan terhadap panas, sehingga mengalami perubahan warna, tampak kering, atau bahkan pengelupasan kulit. Namun, berbeda dengan kael leather goods. Jika produk ini dibakar, hal itu tidak akan merubah tekstur dan tampilan dari bahan produk kulit yang mereka ciptakan.

4. Revolt Industry

Brand lokal asal Surabaya, Jawa Timur ini sudah berdiri sejak tahun 2004. Brand kerajinan kulit lokal yang satu ini mengusung nilai produk yang berasal dari semangat para “anak muda yang bebas” untuk mengungkapkan ide - ide kreatifnya. Produk yang hanya berfokus pada karakter bad boy, menghasilkan produk - produk fashion khusus pria dewasa.

Sesuai dengan namanya, yang berarti “Revolusi”, brand mereka menghasilkan bentuk produk berbahan dasar kulit, yang menggunakan konsep cowboy si anti kejahatan dan gaya denim, dalam desain clutch, dompet, ikat pinggang dan aksesoris lainnya.

Brand produk ini menggunakan asli kulit sapi Indonesia sebagai basis fashion, dan 100% prosesnya adalah buatan tangan. Tidak hanya menampilkan desain dan produk, mereka mengusung kreativitas ke dalam produk dan juga menanamkan kesan sporty ke dalamnya.

Kebanyakan orang bangga dengan bahan - bahan kualitas impor, Revolt Indutry justru menggunakan kulit sapi lokal. Tidak banyak yang tahu bahwa kulit sapi di Indonesia, khususnya kulit sapi Jawa dengan punuk, adalah salah satu kulit sapi top di dunia.

5. Drussa Leather

Rusdi Raisa, pendiri Drussa Leather, brand kerajinan kulit asal Bandung, Jawa Barat ini, memulai bisnis yang berawal dari dirinya yang membuat casing handphone berbahan dasar kulit untuk teman - teman kuliahnya. Hal ini ia lakukan karena kecintaannya pada produk berbahan dasar kulit.

Hingga pada akhirnya, Raisa mulai bekerja sama dengan beberapa vendor besar untuk membuat barang dan aksesoris berbahan dasar kulit, sampai Raisa berhasil membuat brandnya sendiri dan dikenal sebagai salah satu brand kerajinan kulit di Indonesia. Brand lokal ini juga sudah mulai merambah dan masuk ke industri “alas kaki” melalui vendor Kongo Sneakers.

Itulah rekomendasi 5 brand kerajinan kulit lokal terbaik di Indonesia dengan kualitasnya masing-masing. Tidak kalah dari brand-brand kerajinan kulit luar negeri lainnya, beberapa produknya malah berasal dari UMKM dari kota kecil, seperti Garut. Mari bantu usaha lokal dengan mencintai produk-produk lokal kita!

Kontributor : Kang Fajrin / Author : Tiyarman Gulo

Post a Comment for "5 Brand Kerajinan Kulit Lokal Terbaik di Indonesia"

SimpleWordPress
SimpleWordPress