Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi

Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi
Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan masyarakat dapat mengajukan permohonan menjadi penerima BLT BBM, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui Skema Usulan. 

“Jadi warga bisa membuat sendiri usulan Skema usulan,” ujarnya dalam konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta (3/9/2022). 

Aplikasi cek bantuan Sebuah fungsi dalam, yang tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah data (untuk mengesampingkan kesalahan) orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan tetapi tidak, dan sebaliknya. Selain skema sengketa yang diusulkan dalam aplikasi bantuan sosial pemeriksaan, masyarakat juga dapat menghubungi nomor telepon 021-171 Contact Center Komando Sosial. 

Perlu diketahui bahwa BLT BBM akan didistribusikan berdasarkan data dari Kementerian Sosial, sehingga masyarakat tidak perlu mendaftar untuk menerima bansos BBM. Namun, jika seseorang merasa layak mendapatkan BLT BBM, mereka dapat mengajukan melalui skema sengketa yang diusulkan dalam aplikasi Cek Bantuan Sosial.

Cara pengajuan BLT BBM 

Melalui prosedur sanggahan dapat dilihat di Aplikasi Cek Bansos. Fitur ini memungkinkan pemilik akun untuk mendaftarkan diri, anggota keluarga, warga atau fakir miskin lainnya langsung pada tombol Tambah Proposal. Jika pemilik rekening melamar keluarganya sendiri, status tertulisnya adalah 1 KK. Dari KompasTV (4/9/2022), berikut cara menggunakan fitur ajukan sengketa di aplikasi Cek Bantuan Sosial: 

1. Fitur Proposal Download aplikasi Cek Jamsostek untuk pengguna iPhone melalui Play Store untuk Android dan iOS Kemudian, Klik tombol Tombol menu "Daftar Saran" pada halaman menu Klik tombol "Tambahkan saran". Isi formulir berdasarkan demografi calon penerima manfaat. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH) Selanjutnya upload 2 foto, KTP dan tampak depan rumah. 

2. Fitur Sanggahan Berbeda dengan fitur saran yang memungkinkan orang mendaftar sebagai penerima BLT BBM, fitur Sanggahan digunakan untuk menilai apakah seseorang di wilayah Anda layak menerima BLT. Caranya: Buka aplikasi Cek Bansos Klik menu Tanggapan Kelayakan. Halaman ini akan menampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda. 

Kemudian, berikan umpan balik dengan memilih ikon jempol ke bawah. Ikon ini digunakan untuk menilai kelayakan penerima BLT BBM. Saat ikon jempol naik, nilai seseorang sebagai berharga Kemudian, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak BLT Terakhir, klik Kirim Umpan Balik. Kemensos akan melakukan verifikasi data setelah diajukan melalui prosedur keberatan yang diajukan. 

“Agar masyarakat bisa memberikan rekomendasi sendiri. Kita memang harus validasi nanti karena kalau tidak, kita validasi kalau tidak sesuai,” kata Risma. 

Jika diverifikasi oleh Kementerian Sosial, pendaftar berhak atas BLT BBM sebesar Rp600.000 yang akan disalurkan melalui dua tahap masing-masing Rp300.000.

Data Terkait DTKS 

Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi
Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi

Sebelumnya, Risma memastikan pihaknya terus mengupdate data bulanan penerima BLT BBM melalui Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dengan begitu, diharapkan BLT BBM dapat tersalurkan tepat sasaran. 

"Jadi undang-undang itu sebenarnya tahunan atau dua tahunan, tetapi karena situasi di daerah berubah dengan cepat, kami membuat perubahan setiap bulan (DTKS). Jadi setiap bulan, saya membuat peraturan baru," katanya mengutip dari halaman Setkab (3/9/2022). Menurutnya, pemutakhiran DTKS dilakukan berdasarkan pendapat pemerintah daerah.

Cara Cek BLT BBM 

Pemerintah sudah mengalokasikan anggaran BLT BBM ini sebesar Rp12,4 triliun. Setelah itu, setiap penerima akan menerima uang tunai Rp 300.000 dalam dua kali angsuran. Artinya, total dana yang diterima oleh penerima BLT BBM adalah Rp. 600.000. 

"Kami tawarkan dalam dua tahap. Jadi setiap tahap Rp 300.000. Kami akan mulai menawarkan mulai September tahun ini dan pada awal Desember kami akan menawarkan (tahap) kedua," kata Risma. 

Penyaluran akan dilakukan dengan tiga cara, masyarakat sendiri ke kantor pos, bantuan disalurkan ke instansi setempat seperti RT/RW, kelurahan dan jalan, dana BLT langsung ke rumah penerima yang kondisinya tidak memungkinkan. untuk datang ke kantor pos. Jika Anda ingin mengkonfirmasi apakah Anda adalah teman yang terdaftar sebagai penerima BLT BBM, Anda dapat memeriksanya dengan cara berikut: 

Kunjungi link untuk melihat Rp penerima BLT BBM.Rp 600.000 Isi data yang dibutuhkan di https://cekbansos.kemensos.go.id/ yaitu memasukkan kode verifikasi terdiri dari 8 huruf sebagai nama lengkap penerima sesuai KTP dan informasi wilayah tempat tinggal, serta sertakan spasi seperti pada gambar Kemudian klik “Cari Data” Selanjutnya jika muncul nama anda maka anda sudah terdaftar sebagai KPM pada DTKS (Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial) Departemen Sosial dan berhak atas BLT BBM Rp 600.000. (*)

Post a Comment for "Bisa apply sendiri, berikut cara daftar BLT BBM menggunakan aplikasi"

SimpleWordPress
SimpleWordPress