Kemenparekraf Perluas Peran UMKM dalam Mendukung Pemulihan Pariwisata

Kemenparekraf Perluas Peran UMKM dalam Mendukung Pemulihan Pariwisata
Kemenparekraf Perluas Peran UMKM dalam Mendukung Pemulihan Pariwisata

UMKM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertujuan untuk memperluas peran aktif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendukung upaya pemulihan pariwisata dengan meningkatkan kapasitas dan keahlian dalam inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Trombosit. Deputi Perwakilan Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadiri acara “Focus Group Discussion: Mempromosikan Ketahanan Pariwisata” yang digagas Grab Indonesia dalam rangkaian “2nd Tourism Working Group (TWG)”, Sabtu (24/9/2022) di Restoran Jendela Bali di Monumen Garuda Vis Nukem Kana, mengatakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terbukti menjadi salah satu penopang perekonomian nasional.

“Peran UMKM terus kami dorong dengan meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Salah satunya melalui digitalisasi yang akan meningkatkan peluang pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya,” kata Fran Sturgeon.

Oleh karena itu, ia berterima kasih kepada Grab Indonesia yang telah mendukung FGD yang diikuti oleh perwakilan TWG. Pada acara ini, para peserta UMKM dapat bertukar pikiran dan pengalaman dengan anggota delegasi untuk meningkatkan peran UMKM dalam mengembalikan semangat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Frans mengatakan pemerintah terus mendorong wisatawan untuk berkunjung. Pada saat yang sama, juga mendorong terciptanya lingkungan dan ekonomi yang berkelanjutan. Di sini, UMKM dan mitra dari Grab Indonesia berperan besar.

“Event pariwisata perlu dikaitkan dengan transformasi digital. Tapi tetap harus diingat bahwa pariwisata harus punya pengalaman nyata, keramahan kita, keramahan kita harus yang utama,” kata Frans.

Halim Wijaya, Direktur Grab Indonesia East Indonesia, mengaku bangga bisa terlibat dalam mendukung pemulihan industri pariwisata dalam semangat Kepresidenan G20 Indonesia.

Pihaknya berharap, bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dapat memperkenalkan “daya juang pariwisata” Indonesia melalui kekuatan UMKM.

“Perlu dicatat bahwa UMKM adalah kunci kelangsungan hidup Indonesia di tengah berbagai tantangan. Oleh karena itu, kami telah mengangkat banyak produk UMKM lokal dan memperkenalkannya ke dunia internasional, yang merupakan langkah menuju kesuksesan di Indonesia,” katanya.

Selain itu, perwakilan pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan dari berbagai negara dapat mempertimbangkan bagaimana bekerja sama dengan meningkatkan peran UMKM untuk menyelaraskan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga mendukung pemulihan ekonomi yang lebih baik.

"Sekali lagi, ketahanan pariwisata bukan milik Grab, itu milik masyarakat Indonesia. Kami hanya ingin merayakan bersama. Grab mencoba menjelaskannya dalam satu kata, 'trust'. Yang akan kami perkenalkan adalah inilah kekuatannya. dari masyarakat Indonesia. Begitu kuat karena kami percaya," kata Halim.

Turut hadir dalam acara tersebut I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Direktur Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (*)

Sumber : Suara Pemerintah

Post a Comment for "Kemenparekraf Perluas Peran UMKM dalam Mendukung Pemulihan Pariwisata"

SimpleWordPress
SimpleWordPress
SimpleWordPress
SimpleWordPress