MADURA UNITED

MADURA UNITED
MADURA UNITED

NEWS - Pertandingan 5 September 2014 antara Persepam Madura United dan Persipura Jayapura tentu tidak akan dilupakan oleh Achsanul Qosasi. Pria asal Sumenep itu harus merasakan pahitnya degradasi sebagai pelatih kepala Las Casapeclabs.

Busari dan kawan-kawan yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos dari jebakan degradasi, tidak bermain imbang dengan Percipla 1-1 hingga menit ke-90. Namun harapan itu pupus ketika Robertino Pugliara menuntaskan umpan Ian Louis Kabes di perpanjangan waktu.

Ketika Jerry Elly meniup peluitnya, air mata kekecewaan mengalir dari matanya. Pelatih Arcan Iurie ambruk di lapangan dan fans harus mendukung Achsanul Qosasi yang menangis tersedu-sedu di ruang ganti.

Akuisisi PBR untuk membentuk Madura United

Usai berakhirnya Liga Super Indonesia (ISL) pada 2014, AQ yang terkenal itu pun terpaksa menyerahkan pengelolaan Persepam kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan. Namun pergeseran ini mengakibatkan nama Madura United dicoret, jersey kamuflase diganti dan julukan Persepam diganti karena ketiga hak paten tersebut dimiliki oleh PT. Pojur Madura United (PMU) milik AQ.

Ia pun harus meninggalkan sepakbola setelah terpilih menjadi anggota Badan Pengawas Keuangan (BPK) periode 2014-2019.

AQ mengakuisisi sepenuhnya Pelita Bandung Raya (PBR) pada 10 Januari 2016 (juga hari ulang tahunnya) dan mengangkat Haruna Soemitro sebagai manager. Dia mengaku sudah lama mengincar sejumlah klub, dengan PBR kemungkinan besar akan dibawa ke Madura.

Madura United kemudian dipilih sebagai nama klub dengan harapan bisa mempersatukan masyarakat Madura. Klub-klub Madura sering menyandang nama kotanya masing-masing, sehingga suporternya hanya dari kota-kota yang diwakilinya.

Selain nama Madura United, PT. Pelatih Polana Bora Madura United (PBMB) memilih menggunakan jersey bergaris merah putih khas Madura. Julukan Laskar Sape Kerrab juga disematkan pada tim ini.

“Niat saya hanya satu, memberikan kebanggan dan hiburan bagi masyarakat Madura. Perubahan nama menjadi Madura United merupakan anugerah bagi masyarakat Madura, suporter dan fans. Kami bangga dengan nama yang Bangga ini,” ucapnya di waktu.

Kini, setelah empat tahun berlaga di jajaran pesepakbola papan atas Indonesia, Madura United tak lagi diremehkan. Selebriti seperti Greg Nwokolo, Fabiano Beltram, eks West Bromwich Albion, Peter Odumwingi dan lainnya telah dan akan terus membuat Madura United disegani dan menjadi favorit juara beberapa musim ke depan. (*)

Post a Comment for "MADURA UNITED"