BORNEO FC

BORNEO FC
BORNEO FC
Borneo Football Club adalah klub sepak bola dari Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, yang bermain di Divisi Utama. Borneo FC terbentuk menyusul akuisisi Perseba Super Bangkalan pada 7 Maret 2014.

Dengan akuisisi tersebut, Borneo FC menjadi salah satu klub Kalimantan yang berlaga di liga papan atas Indonesia. Berikut ini adalah pengenalan singkat tentang Borneo Football Club.

Awal Berdiri

Borneo FC didirikan pada 7 Maret 2014 oleh Nabil Husein Said Amin, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Koordinator Wilayah Pusamania (Pusamalaya), Malaysia.

Ia bersama PT Nahusam Pratama Indonesia ingin mengembalikan kejayaan sepak bola Kota Samarinda di Indonesia. Borneo FC terbentuk dari sekumpulan suporter Pusamania yang kecewa dengan minimnya kesuksesan mantan klubnya.

Nama Kalimantan muncul di divisi utama Liga Indonesia setelah akuisisi klub Perseba Super Bangkalan Madura pada 2014. Direksi PBFC bertujuan untuk mengharumkan nama Kalimantan dengan menggunakan nama Kalimantan di klub dan mempromosikan nama Kalimantan di sepakbola domestik dan internasional.

Juga pada tahun 2014, Borneo FC bermain di sepak bola Indonesia untuk pertama kalinya. Borneo FC menjuarai Liga Super Indonesia setelah mengalahkan Persiwa Wamena di final.

Kiprah Borneo FC di sepakbola Indonesia

Namun pada 2015, Borneo Football Club berhenti setelah PSSI dan semua kompetisi dibekukan oleh Menpora. Di tahun yang sama, Borneo FC mengikuti banyak ajang seperti Piala Presiden 2015 yang terhenti di peringkat 8 besar dan Piala Sudirman 2015 yang melaju ke empat besar.

Pada tahun 2016, Borneo FC menambah trofi lagi setelah mengalahkan Madura United 1-0 dalam perpanjangan waktu untuk memenangkan Piala Gubernur Kaltim 2016. Borneo FC juga berpartisipasi dalam Kejuaraan Piala Bhayangkara, namun gagal lolos ke babak penyisihan grup. Tak lama kemudian, Borneo FC mengambil bagian dalam Kejuaraan Sepak Bola Indonesia (ISC) tidak resmi peringkat 9 saat itu.

Pada tahun 2017, Pusamania Borneo FC berganti nama menjadi Borneo FC di kompetisi Liga 1. League One 2017 merupakan laga resmi pertama Borneo FC sejak promosi pada 2014. Di Gojek Traveloka Liga 1 2017, Borneo FC finis di urutan ke-8.

Suporter Klub Sepak Bola Kalimantan

Borneo FC memiliki julukan Pusamania untuk fans yang mendukung tim Borneo FC. Pusamania memiliki hubungan yang kuat dengan suporter Aremania, The Jak Mania, Barito Mania dan beberapa klub lainnya. Pusamania selalu ada dan mendukung Borneo FC di setiap pertandingan. (*)

Post a Comment for "BORNEO FC"