Debat Milenial Soal Rumah, Beli atau Sewa Rumah?

Debat Milenial Soal Rumah, Beli atau Sewa Rumah?
Debat Milenial Soal Rumah, Beli atau Sewa Rumah?

Menyewa atau membeli rumah akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak orang, terutama di kalangan milenial. Mereka membandingkan alasan untuk memutuskan membeli atau menyewa rumah. Di mata sebagian orang, membeli rumah tidak mendatangkan keuntungan karena harganya yang mahal dan tidak sesuai dengan keuntungan yang didapatkan.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa memiliki rumah merupakan investasi jangka panjang yang membuat pemiliknya merasa aman dan tenteram, karena tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar manusia. Bersumber dari Hoa.org.uk, 86% orang di Inggris ingin memiliki rumah sendiri, namun selebihnya mereka memilih hanya menyewa karena beberapa alasan yang sah.

Hal tersebut memang sangat pas mengingat pro dan kontra memiliki atau mengontrak rumah yang mungkin akan kita hadapi di masa depan. Namun, sebelum jauh ke sana, dilansir Properti1.com memberi beberapa insight yang bisa Anda pertimbangkan untuk memutuskan apakah Anda perlu membeli rumah atau hanya menyewa. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kemampuan Anda Membeli Rumah

Bisa atau tidaknya membeli rumah tergantung dari kondisi keuangan Anda, jangan memaksakan diri untuk membeli rumah, membeli rumah akan menjadi beban yang berat bagi Anda. Membeli rumah bukanlah perkara kecil, dan apalagi jika Anda berada dalam situasi keuangan yang genting. Ketika Anda memiliki komitmen besar seperti membeli rumah, jangan mengandalkan ketidakpastian ekonomi.

2. Lihat Bagaimana Pemerintah Dapat Membantu

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah, periksa penawaran pemerintah yang dapat membuat Anda memiliki rumah. Ajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terjangkau yang tidak memberatkan Anda. Jangan menempatkan diri Anda dalam hutang hanya untuk membeli rumah dalam jangka panjang.

Mempertimbangkan dua poin di atas, Anda dapat memutuskan untuk membeli rumah atau cukup menyewa saja. Untuk itu Properti1.com coba merangkum dari berbagai sumber, keputusan yang cocok buat anda:

Keuntungan Membeli Rumah:

  • Kebebasan dan keamanan. Ketika Anda memilih untuk membeli rumah, Anda memiliki kebebasan untuk mengubahnya menjadi apa pun yang Anda inginkan. Selain itu, Anda tidak akan memiliki gangguan. Contoh gangguan yang terjadi saat menyewa, seperti tiba-tiba diminta pindah oleh pemilik.
  • Hemat uang dan hasilkan uang. Dengan membeli rumah, Anda tidak perlu membayar banyak uang sewa setiap tahunnya, atau jika pemilik rumah tiba-tiba menaikkan harga sewa rumahnya. Dengan memiliki banyak rumah, Anda dapat menyewakannya dan mendapatkan uang dari penyewa Anda.

Keuntungan Saat Memutuskan Untuk Menyewa:

  • Prabayar Rendah. Ketika Anda tidak punya uang, Anda bisa menyewa rumah karena rata-rata biaya sewa rumah tidak terlalu mahal. Anda juga tidak perlu khawatir tentang pajak, perbaikan, dan biaya hipotek. Juga, Anda akan tahu berapa banyak yang perlu Anda siapkan untuk menyewa rumah Anda.
  • Anda lajang. Menyewa memungkinkan orang yang mudah bosan atau memiliki pekerjaan non-manufaktur untuk bergerak sesuka mereka. Terlebih lagi, jika Anda merasa lingkungan di rumah kurang cocok, atau Anda sering kebanjiran, anda bisa dengan mudah untuk pindah, ini merupakan keuntungan tersendiri.

Jika anda punya keinginan untuk beli atau sewa rumah, jualrumahjakarta.com solusinya. Berbagai model dan harga rumah di jakarta yang sesuai budget anda bisa anda dapatkan disini. (*)

Post a Comment for "Debat Milenial Soal Rumah, Beli atau Sewa Rumah?"