LIVERPOOL FC

LIVERPOOL FC
LIVERPOOL FC

NEWS - Bagi para fans, tim merah merupakan salah satu tim favorit banyak fans. Liverpool Football Club atau Liverpool FC, umumnya dikenal sebagai The Reds, adalah klub sepak bola Inggris yang berbasis di kota pelabuhan Inggris Liverpool.

Dalam sejarah sepak bola, Liverpool telah memenangkan 19 trofi Liga Inggris dan 6 trofi Liga Champions UEFA, memenangkan gelar Liga Inggris. Di sepak bola Inggris, Liverpool memiliki dua rival, Everton dan Manchester United.

Pertandingan melawan Everton sering disebut sebagai derby Merseyside karena sama-sama berasal dari Merseyside. Bersaing dengan Manchester United dan Liverpool.

Tidak mengherankan jika kedua tim telah membuktikan satu sama lain bahwa mereka adalah raja sepakbola Inggris. Pertandingan antara Liverpool dan Manchester United sering disebut sebagai Derby Barat Laut.

Perselisihan di Anfield

Menurut situs resmi Liverpool Football Club, Liverpool didirikan pada 15 Maret 1892. Liverpool dibentuk dalam perselisihan antara dewan Everton FC dan John Houlding, yang menjadi ketua klub dan pemilik Anfield.

Perselisihan terjadi setelah tahun 1891, ketika John Houlding membeli tanah di Anfield secara langsung dan menaikkan sewa dari £100 menjadi £250 setahun. Everton, yang bermain tujuh tahun di Anfield, menolak. Kemudian keduanya cocok.

Perseteruan itu membuat Everton meninggalkan Anfield dan memindahkan markas mereka ke Goodison Park, sementara John Holder menjadi markas Liverpool di Anfield. Awalnya, klub yang didirikan oleh Houlding ini bernama Everton Football Club and Athletic Grounds, Ltd atau disingkat Everton Atheletic. Namun, Asosiasi Sepak Bola Inggris menolak mengakui keberadaan dua tim bernama Everton. Kemudian, pada Juni 1892, Houlding memilih Liverpool FC sebagai nama baru.

Liverpool pertama kali menjadi klub sepak bola profesional di Liga Lancashire dan menjadi juara hingga 1893-94 ketika Liverpool bergabung dengan Divisi Kedua Inggris. Di musim pertamanya di Divisi Dua, Liverpool berhasil meraih gelar juara dan lolos promosi ke Divisi Satu.

Liverpool tidak perlu menunggu lama untuk menjadi juara liga karena mereka langsung dinobatkan sebagai juara di musim pertamanya di Divisi Utama. Sejak itu, Liverpool dianggap sebagai kekuatan sepak bola baru di Inggris. (*)

Post a Comment for "LIVERPOOL FC"