MANCHESTER CITY

MANCHESTER CITY
MANCHESTER CITY
Manchester City memiliki sejarah panjang dalam sepak bola Inggris. Klub berjuluk The Citizens ini harus melalui fase pasang surut untuk menjadi salah satu klub Inggris yang diperhitungkan.

Manchester City lahir pada tahun 1880 sebagai prototipe Klub Sepak Bola Basilika Santo Markus. Saat itu, bangsa Romawi dengan sistem gereja menguasai pemerintahan dunia.

Di awal pembentukan Manchester City, Arthur Cornell ditunjuk sebagai kepala Gereja St. Mark di West Gorton, sebelah timur Manchester City.

Tingkat kejahatan di Manchester saat itu sangat tinggi. Putri Arthur Connell, Anna Connell, ingin mendirikan asosiasi olahraga pemuda untuk mengurangi kejahatan di Manchester. Maka, pada tahun 1868, Klub Kriket lahir di bawah Gereja St. Mark.

Selain itu, klub kriket berganti nama menjadi tim sepak bola St. Marks (West Gordon) pada tahun 1880. Munculnya tim sepak bola tidak terlepas dari awal popularitas bal-bal yang mendunia.

Pada tahun 1887 tim memindahkan markas mereka ke Hyde Road, menjadi Ardwick AFC. Klub Sepak Bola Adwick menjadi salah satu klub pendiri Divisi Kedua Inggris pada tahun 1892. Dua tahun kemudian, Klub Sepak Bola Adwick berganti nama menjadi Klub Sepak Bola Manchester City dan mewakili Hyde Road di Divisi Kedua Inggris.

City akhirnya memenangkan kasta kedua pada tahun 1989. Manchester City promosi ke Premier League. Pada tahun 1904, Manchester City mengalahkan Bolton 1-0 dan menjadi tim Manchester City pertama yang memenangkan Piala FA.

Manchester City (1900-an hingga 1970-an)

City kemudian harus melalui masa vakum dengan klub lain antara tahun 1914 hingga 1918. City memindahkan markas mereka ke Maine Road pada tahun 1923 dan melanjutkan aktivitas setelah Hyde Road terbakar.

Pada tahun 1926, Manchester City harus terdegradasi ke divisi dua. Faktanya, City memastikan kemenangan pertama mereka yang paling meyakinkan dalam derby Manchester 6-1 melawan Manchester United di Old Trafford.

City kembali ke Liga Premier dua tahun kemudian setelah memenangkan gelar Divisi Kedua. Pada tahun 1934, Manchester City mengalahkan Portsmouth 2-1 dan memenangkan Piala FA untuk kedua kalinya.

Tiga tahun kemudian, City memenangkan gelar Liga Premier perdana mereka. Setelah itu datanglah pasang surut City.

Hingga akhirnya, City berhasil meraih gelar Premier League keduanya pada tahun 1968. Setahun kemudian, City mengalahkan Leicester 1-0 di Wembley untuk merebut gelar Piala FA ketiga mereka.

Setahun kemudian, Manchester City memenangkan Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya. The Citizens memenangkan Piala Winners pada tahun 1970. Di tahun yang sama, Manchester City sukses menjuarai Piala Liga Inggris, menambah gelar juara ini.

Persaingan dengan Manchester United

Kemenangan Piala Winners membuktikan City layak mendapat perhatian kakak dan tetangga mereka Manchester United. Setelah itu, rivalitas kedua klub mulai memanas.

Ada banyak insiden dalam derby Manchester di tahun 1970-an. Misalnya, pada musim 1973-1974, Mike Doyle (Manchester City) dan Lumakari (Manchester United) menolak meninggalkan lapangan meski mendapat kartu merah.

Wasit turun tangan dan mengirim pasangan itu keluar lapangan. Tidak sampai akhir wasit memerintahkan semua pemain dari kedua belah pihak untuk memasuki ruang ganti, dan Doyle serta Macari meninggalkan lapangan.

Setelah itu, persaingan antara keduanya mulai mereda pada 1980-an. Hanya beberapa insiden menarik di lapangan yang menghiasi derby Manchester.

Di era 1990-an, Manchester United mulai berkembang dan mengoleksi banyak gelar. City hanyalah sebuah klub yang naik turun tangga kompetitif dan tetap berada di tengah-tengah kelompok. Persaingan keduanya masih normal.

Dengan tambahan investor Sheikh Mansour, Manchester City akhirnya menciptakan tim impian. Sheikh Mansour menyumbangkan dolar untuk menjadikan Manchester City tim yang kuat.

Manchester City mendatangkan pemain seperti Carlos Tevez, Mario Balotelli, Samir Nasri dan manajer Roberto Mancini. Tradisi membeli bintang sepak bola juga dilanjutkan oleh Manchester City.

Pada musim 2011/2012, Manchester City akhirnya berhasil meraih gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya dan mengalami kekalahan kandang pertama mereka di era Sir Alex Ferguson. Manchester City mengalahkan Manchester United 1-6 di Old Trafford.

Persaingan antara keduanya berlanjut dalam perebutan gelar. Pada musim 2013/2014, City memenangkan gelar Liga Premier kedua mereka, sekali lagi membuktikan bahwa mereka adalah tetangga yang gaduh.

Enam trofi dari Man City's 2019 World Trophy Tour

Manchester City meraih hasil gemilang di musim 2018-2019. Tim asal Inggris tersebut mencetak rekor sebagai klub pertama di negara tersebut yang memenangkan enam trofi baik di kategori sepak bola putra maupun putri dalam satu musim. Berbagi kebahagiaan dengan penggemar di seluruh dunia termasuk Indonesia, Sob. Kota ini menjadi tuan rumah Tur Trofi Dunia 2019. Enam trofi sudah mereka raih di kompetisi ini, antara lain Liga Inggris, Piala FA Pria, Piala FA Wanita, Community Shield, Piala Carabao, dan Piala Interkontinental FA. Ingin tahu lebih banyak tentang enam trofi ini? Simak informasinya di bawah ini!

Liga Utama

Trofi Liga Utama Inggris (EPL) adalah salah satu trofi paling bergengsi di Liga Utama Inggris dan diberikan kepada klub yang finis di puncak klasemen hingga akhir musim. Pada musim 2018-2019, Manchester City meraih trofi juara dengan prestasi gemilangnya di liga-liga top dunia. Trofi EPL 2018-2019 merupakan trofi keempat mereka setelah musim 2011-2012, 2013-2014, dan 2017-2018.

Dua Piala FA

Jika sebelumnya tim sepak bola putra Inggris pernah mengikuti Piala FA, kali ini tim sepak bola putri juga berkesempatan berlaga di kompetisi domestik tersebut. Secara mengejutkan, pada musim 2018-2019, baik trofi sepakbola pria maupun wanita berhasil diraih oleh Manchester City. FA Cup sendiri merupakan kompetisi knockout domestik, tidak hanya untuk tim-tim di level Premier League, tetapi juga untuk tim-tim dari First Division, Football League, dll.

Community Shield

Awalnya, trofi tersebut bernama Charity Shield, yang kemudian diubah menjadi Community Shield. FA menyelenggarakan Community Shield, dengan hasil akan disumbangkan ke badan amal di seluruh negeri. Community Shield mencakup pertandingan antara pemenang Liga Premier dan Piala FA. Musim ini, Manchester City mengalahkan Liverpool di Liga Inggris musim 2017-2018 dan memenangkan Piala FA. Hasil akhirnya juara bertahan Premier League itu berhasil mengalahkan Liverpool, membuat klub tersebut sukses membawa trofi Community Shield ke markas mereka, Stadion Etihad.

Piala Carabao

Piala Carabao juga dikenal sebagai Piala Liga Sepak Bola Inggris (EFL). Seperti Piala FA, kompetisi ini mengadopsi sistem gugur, dan klub mana pun di Liga Inggris dan Liga Inggris dapat berpartisipasi, dengan total 72 tim. Musim ini, Manchester City menjadi juara Carabao Cup berkat kemenangan mereka atas Chelsea di final.

Piala Interkontinental FA WSL

FA WSL Continental Cup khusus untuk tim sepak bola wanita. Kompetisi tersebut telah diadakan sejak tahun 2011 dan melibatkan 22 tim sepak bola wanita Inggris. Pada musim 2018-2019, tim sepak bola wanita Manchester City bermain melawan tim sepak bola wanita Arsenal yang telah lima kali memenangkan FA Intercontinental Cup. Namun, laki-laki. Manchester City sukses mengalahkan Arsenal untuk merebut trofi FA WSL Continental Cup. Dengan memenangkan trofi ini, Man. City bahkan meraih enam trofi pada 2018-2019.

Itulah pesan tentang sejarah dan prestasi Manchester City. Agar tidak ketinggalan berita terbaru seputar berita Manchester City lainnya, jangan lupa kunjungi website berita bola terbaru PeluitPanjang.id kapan saja

PeluitPanjang.id merupakan portal berita olahraga terbaru khususnya berita sepakbola saat ini. Didirikan di Jakarta pada tanggal 7 Februari 2020 oleh sekelompok anak muda yang bercita-cita menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terkini dan akurat.

Konten yang disajikan oleh PeluitPanjang.id diawali dengan rangkaian berita seputar sepak bola di dalam dan di luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan liputan yang lebih komprehensif dengan memberikan analisa lengkap pertandingan yang akan datang.

Selain berita Manchester City, ada juga berita terkini beberapa klub liga top dunia, seperti Premier League, Bundesliga, La Liga, Serie A, Ligue 1 dan lain sebagainya. Ikuti PeluitPanjang.id adalah outlet berita yang perlahan berkembang untuk memberikan liputan terlengkap dari cabang sepak bola top dunia. (*)

Post a Comment for "MANCHESTER CITY"