Mengapa Harus Sewa Ruang Kantor?

Mengapa Harus Sewa Ruang Kantor?
Mengapa Harus Sewa Ruang Kantor?

Situasi pandemi Covid-19 yang berangsur membaik membuat banyak perusahaan mempertimbangkan kembali untuk melakukan semua pekerjaan mereka di kantor. Bagi perusahaan yang belum memiliki gedung perkantoran sendiri, Sewa Ruang Kantor menjadi solusi alternatif. Menurut hasil pasar properti Jakarta dan Bali Colliers Indonesia kuartal III 2022, harga sewa ruang kantor di Jakarta mencapai Rp234.342 per meter persegi per bulan. 

Sedangkan sewa ruang kantor di luar Jakarta adalah Rp176.711 per meter persegi per bulan. Meski begitu, harga bisa berubah tergantung situasi. Penyewa bisa menegosiasikan harga sewa, jadi transaksinya bisa lebih rendah, tergantung situasi. Kalau merek besar dan merek terkenal, mungkin bisa menurunkan harga sewa kantor.

Pemilik gedung harus lebih bisa beradaptasi sehingga bisa menjaga okupansi antara 80% dan 85%. Saat ini tingkat okupansi gedung perkantoran sewa di kawasan Jakarta dan Non-Jakarta masih 75%. Untuk bangunan baru dengan okupansi rendah, pemilik dapat menawarkan harga sewa yang menarik dan menguntungkan.

Kenaikan harga sewa rata-rata akan terlihat di gedung perkantoran kelas atas. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan kantor? Mengapa kita harus sewa kantor di Jakarta?

Pengertian Kantor

Apa itu kantor? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kantor adalah balai (gedung, rumah, ruangan) atau tempat kerja tempat ditanganinya pekerjaan. Sementara itu, Merriam Webster secara harfiah mendefinisikan kantor sebagai tempat di mana beberapa jenis bisnis dilakukan atau layanan disediakan, mulai dari tempat di mana fungsi pejabat publik dilakukan, dan mengarahkan pusat perusahaan atau organisasi.

Kantor memiliki fungsi utama dan esensial. Kantor pada dasarnya menjalankan fungsi yang berkaitan dengan manajemen informasi. Ini termasuk membantu semua proses penerimaan, perekaman, pengorganisasian, analisis dan pengiriman informasi.

1. Fungsi dasar

Menerima dan mengumpulkan berbagai jenis informasi dari berbagai sumber merupakan fungsi dasar atau utama dari sebuah kantor. Informasi ini diperoleh dari dua sumber, internal dan eksternal. Surat, faktur, surat edaran, pemberitahuan, memo adalah sumber internal. Pada saat yang sama, pemasok, pelanggan, pemerintah, dan bank semuanya merupakan sumber eksternal. Lalu bagaimana dengan fungsi dasar kantor?

  • Memproses dan mengatur informasi. Ini adalah fungsi kantor yang paling penting. Informasi yang dikumpulkan dan dicatat tidak dapat digunakan secara langsung untuk pengambilan keputusan dan tujuan lain dalam organisasi. Oleh karena itu, harus disikapi dan diatur. Pemrosesan informasi melibatkan persiapan catatan, penyusunan, pengeditan, dan semua informasi harus diatur secara sistematis.
  • Menyediakan Informasi. Setelah informasi disusun dan dianalisis, informasi tersebut tersedia untuk manajemen. Ini memberikan informasi yang diperlukan kepada anggotanya bila diperlukan. Informasi ini membantu dalam proses pengambilan keputusan.
  • Preservasi. Preservasi didefinisikan sebagai pelestarian arsip untuk referensi di masa mendatang. Ini melibatkan pengumpulan, pelestarian, klasifikasi dan perlindungan catatan untuk referensi di masa mendatang. Semuanya disimpan dalam file, komputer, dll. Setiap catatan memiliki siklus hidup, sehingga harus dilindungi sesuai dengan kepentingannya. Oleh karena itu, produktivitas kantor bergantung pada bagaimana arsip disimpan.

2. Fungsi administrasi

Selain fungsi pokok, kantor juga memiliki fungsi administrasi, termasuk yang berkaitan dengan proses administrasi. Untuk bisnis apa pun untuk menjadi sukses, itu harus memiliki manajemen yang baik. Untuk alasan ini, kantor membantu untuk membangun manajemen yang efektif, termasuk perencanaan, pengorganisasian, staffing, mengarahkan dan mengendalikan, semua bertujuan agar organisasi berjalan dengan lancar.

Fungsi administrasi perkantoran lainnya meliputi hubungan masyarakat, pengembangan sistem dan prosedur perkantoran, pengamanan aset, baik barang bergerak maupun tidak bergerak, desain formulir dan pengendalian hingga fungsi personalia. Pertimbangkan kantor yang berkaitan dengan perekrutan, pelatihan, penempatan dan promosi karyawan.

Ingin Menyewa Ruang Kantor di Area Jakarta?

Meningkatnya permintaan ruang kantor setelah membaiknya pandemi Covid-19 menjadi kabar baik bagi para pelaku real estate. Bagi perusahaan yang berencana menyewa ruang kerja baru di Jakarta tentu membutuhkan informasi Harga Sewa Ruang Kantor. Informasi harga sangat membantu perusahaan memahami ukuran ruang kantor yang akan disewa sehingga dapat menyesuaikan berdasarkan dana yang tersedia.

Dikutip dari acara Tinjauan Pasar Real Estate Knight Frank Indonesia Semester I-2022, diketahui masih ada 1,8 juta kantor kosong hingga saat ini. Tingkat okupansi rata-rata ruang perkantoran di Jakarta hanya 73 persen atau 1,8 meter persegi. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan semester lalu yang pasokan ruang kantor di Jakarta mencapai 2.000 meter persegi.

Penyewa dapat memanfaatkan ketersediaan ruang kantor yang cukup untuk mendapatkan harga yang lebih rendah di https://www.sewa-kantor.net. (*)

Post a Comment for "Mengapa Harus Sewa Ruang Kantor?"