PSIS SEMARANG

PSIS SEMARANG
PSIS SEMARANG
Sejarah berdirinya PSIS Semarang (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Semarang) dapat ditelusuri hingga sebelum kemerdekaan Indonesia. Mengutip dari situs resminya, PSIS Semarang berdiri pada 18 Mei 1932. Klub berjuluk Mahesa Jenar ini memiliki dua komunitas penggemar yakni Panser Biru dan Snex Mania.

Sejarah tim PSIS Semarang yaitu pada tahun 1998 menjadi juara divisi satu Indonesia. Setelah pasang surut hasil mereka, tim PSIS Semarang kini telah kembali ke level tertinggi sepak bola Indonesia.

Menurut Yanuar Bagus Rusdianto dan Harry Pramono dalam jurnal Motivasi Suporter Panzer Girl Dalam Mendukung Klub PSIS Semarang (INAPES, 2021), PSIS Semarang sebelumnya bernama Voetbalbond Indonesia Semarang (VIS).

VIS biasa berlatih di Lapangan Karimata Timur di Semarang. Saat ini, PSIS sedang berlatih dan bertanding di Stadion Jatidiri Kota Semarang.

Selain julukan Laskar Mahesa Jenar, PSIS Semarang sebelumnya dikenal dengan nama Si Jago Muddy. Hal itu terungkap dalam majalah manajemen Klub Sepakbola Profesional PSIS Semarang di masa pandemi Covid-19 (Majalah Sepak Bola Vol 1 No 2, 2021).

"Alasannya karena PSIS selalu mendapatkan angka kemenangan saat hujan dan lapangan becek. Namun perlu pendalaman lebih mendalam terhadap julukan ini," kata R Ardiyanto, FA Irawan dan Long mengutip majalah Ren Chuang. .

Dalam publikasi yang diterbitkan oleh Lembaga Riset dan Masyarakat disebutkan bahwa PSIS Semarang pernah menjadi juara Divisi Utama Indonesia pada tahun 1998. Kemenangan ini merupakan hasil terbaik yang diraih PSIS Semarang selama mengikuti kompetisi besar sepak bola Indonesia.

Sebelum tahun 1998, PSIS Semarang telah absen dari event-event besar sepak bola Indonesia selama hampir satu dekade. PSIS Semarang tampil pada laga utama Liga Super Indonesia (LSI) 2008 se-Indonesia.

Namun, di musim itu, PSIS Semarang finis terakhir. Sehingga PSIS Semarang terdegradasi ke Divisi 1.

Pada tahun 2017, penantian panjang publik PSIS Semarang untuk berlaga di ajang balap Indonesia akhirnya terbayar. Liga 2 berakhir pada 2017, dan PSIS finis ketiga, mengamankan satu tiket lolos ke Liga 1 pada 2018.

Post a Comment for "PSIS SEMARANG"