Tips Tetap Sehat Mental saat Menganggur

Tips Tetap Sehat Mental saat Menganggur
KESEHATAN - Pengangguran berdampak pada kesehatan mental, salah satunya adalah depresi. Efek depresi ini tidak hanya datang dari hilangnya pendapatan tetap, tetapi juga dari interaksi sosial yang sangat penting di dunia kerja.

Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah publikasi CDC, yang bahkan menyebutkan bahwa efek yang paling ekstrim sekalipun dapat menyebabkan kematian karena bunuh diri, terutama bagi mereka yang tidak memiliki dukungan sosial selama depresi pengangguran.

Pengangguran secara konsisten terbukti berdampak negatif pada kesehatan mental, menurut laporan di laman HaloDoc. Kondisi ini telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan harga diri. Disebutkan juga bahwa pengangguran dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang karena kondisi ekonomi yang buruk.

Kehilangan pekerjaan juga dapat menciptakan gaya koping yang tidak sehat yang selanjutnya dapat meningkatkan stres. Efek stres ini berkaitan erat dengan lamanya status pengangguran seseorang. Semakin lama seseorang menganggur, semakin besar risiko kesehatan mentalnya.

Bagi orang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental, bekerja sebenarnya bisa menjadi sarana pemulihan yang efektif. Di sisi lain, pengangguran meningkatkan risiko masalah kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya.

Menyadari hal ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental Anda saat Anda tidak bekerja. Untuk membantu melewati masa sulit ini, tips berikut dapat membantu mengekang efek negatif dari kehilangan pekerjaan:
Tips Tetap Sehat Mental saat Menganggur

Membuat Rutinitas

Istirahat di tempat tidur, melewatkan makan, dan menghindari rutinitas hanya menambah depresi dan menciptakan perbedaan tajam antara gaya hidup pra-kerja dan pasca-kerja.

Sebaliknya, bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, biarkan diri Anda makan lebih sehat, dan luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari. Merasa nyaman dengan diri sendiri dan berfokus pada peningkatan kesehatan fisik dan mental dapat membantu Anda mengelola emosi karena Pengangguran.

Jangan Mengasingkan Diri

Seringkali, kehilangan pekerjaan alias Pengangguran menimbulkan rasa malu yang mengasingkan diri dari lingkungan sosial seseorang. Sulit untuk berbicara tentang bagaimana rasanya kehilangan pekerjaan Anda.

Terbuka dengan teman atau orang yang Anda percaya dapat membuat Anda tetap waras selama menganggur.

Bersikaplah Optimis saat Mencari Pekerjaan

Pengangguran melanjutkan pencarian pekerjaan yang gagal dapat dengan mudah menghilangkan semangat hidup Anda. Tetap semangat dan berpikir positif selama proses pencarian kerja.

Menjadi Relawan

Pertimbangkan untuk menyisihkan waktu tertentu setiap minggu untuk menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan yang membutuhkan.

Pertemuan sukarela ini dapat menyebabkan peningkatan jumlah hubungan profesional. Selain itu, pengalaman sebagai relawan juga bisa menjadi tambahan positif untuk resume.

Tetap lakukan hal-hal positif dan produktif saat Anda tidak bekerja. Selain menjaga kesehatan mental, berbagai aktivitas produktif selama menganggur juga berdampak penting pada kepercayaan diri. (*)

Post a Comment for "Tips Tetap Sehat Mental saat Menganggur"

SimpleWordPress
SimpleWordPress
SimpleWordPress
SimpleWordPress