WEST HAM UNITED FC

WEST HAM UNITED FC
WEST HAM UNITED FC

NEWS - Sejarah West Ham United FC berawal pada akhir tahun 1800-an, Bow Stream Wharf yang terletak di hilir Sungai Thames di area Leymouth Wharf di Canning Town, London Timur, merupakan tempat warga bekerja keras. Di sana mereka bekerja untuk sebuah perusahaan kapal dan baja bernama Thames Ironworks and Shipbuilding.

Perusahaan menyediakan sumber penghidupan bagi masyarakat di bidang teknik sipil, mesin kelautan, crane laut, teknik elektro dan kendaraan darat seperti mobil dan sepeda motor. Juga di area tersebut adalah Hermit Road, tempat latihan Old Castle Swifts FC, Essex, tim sepak bola profesional pertama Skotlandia.

Tetapi Old Castle Swifts bangkrut pada tahun 1895, dan saat itulah pandangan ke depan dari Arnold Hills dan Dave Taylor, pemilik Thames Ironworks and Shipbuilding, muncul. Keduanya menggunakan jalan pertapa yang ditinggalkan oleh Kastil Swift sebagai tempat latihan untuk Pekerjaan Besi Thames yang mereka bangun. Salib logo menggunakan sepasang palu yang digunakan dalam proses pembuatan kapal.

Dan seragamnya berwarna biru tua karena Arnold adalah mantan mahasiswa Universitas Oxford. Tapi kemudian Arnold harus mengganti rekannya untuk mengelola Thimes Ironworks karena Taylor memfokuskan kembali timnya sebagai wasit sepak bola.

Pembentukan Thames Ironworks juga menyerap banyak bagian dari pemain Old Castle Swifts dan ofisial klub. Salah satunya adalah Robert Stevenson, yang menjadi kapten pertama Thames Steel Works. Sebagian besar elemen lainnya, tentu saja, adalah para pekerja Thames Steel dan galangan kapal itu sendiri.

"Beberapa dari mereka belajar mengoper bola dan mendorong kulit (bola) ke gawang. Tidak ada profesionalisme. Saya dapat mengatakan bahwa para pendiri mengira mereka akan menjalankan klub mereka dengan amatir, sekolah A pertama mereka memiliki memilih mantan pemain West Ham dan manajer pertama Seid King tweeted.

Nah karena itulah Charlie Dorff yang menempati posisi bek kanan lebih banyak menyerang daripada bertahan. Pada 7 September 1895, Thames Steel memainkan pertandingan pertama mereka melawan Royal Armories, yang berakhir 0-0. Pertandingan resmi pertama Ironworks datang dengan kekalahan 5-0 dari kualifikasi Piala FA Kota Chatham pada 12 Oktober 1895.

Tetap saja, Ironworks memiliki daya tarik yang cukup sehingga dihadiri sekitar 3.000 penonton. Kemudian 14 Desember menjadi awal kontak mereka di dunia sepak bola dengan Millwall FC. Inilah sejarah rivalitas West Ham dengan Millwall selama ini. Saat itu, ada kata "Athletic" setelah nama Millwall. Bukan "FC".

Millwall Athletic juga merupakan tim pandai besi yang bersaing dengan Thames Irons di London pada saat itu. Pada 14 Desember mereka bermain, dengan Thames Steel kalah 6-0, skor terbesar dalam sejarah mereka. Tapi Thames Steelers berjaya di liga London yang dibangun Arnold sendiri, hingga akhirnya bermain di kasta kedua Liga Selatan.

Menembus Divisi II Liga Selatan Inggris cukup menambah daya tarik Thames Steelworks sendiri. Hal yang sama berlaku untuk pemain lain yang diundang. Salah satunya adalah Tommy Moore dari Millwall, yang merupakan tim saingan terbesar dalam gerakan yang menimbulkan kontroversi. Selain Moore, McErkland, Patrick Leonard dan David Lloyd juga direkrut.

Mereka bisa membuat Thames Ironworks lebih kuat. Buktinya, ia menjuarai musim 1898/1899 di Divisi 2 Liga Selatan Inggris setelah tak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhirnya. Namun promosi ke Divisi Pertama Liga Selatan Inggris merupakan tantangan berat bagi Thames Steelers. Debutnya diikuti dengan kekalahan 1-0 dari Reading.

Mereka tidak langsung bermain seperti yang mereka lakukan di musim perdananya di Divisi 2 Liga Selatan Inggris, sehingga mereka langsung menang dan maju. Masalah pertama yang dihadapi Thames Steelers adalah transfer Patrick Leonard dan Walter Tranter ke tim lain.

Setelah itu, Francis Payne, sekretaris klub, mengundurkan diri setelah diskors oleh FA karena menyerang pemain Birmingham. Dampak terbesar penampilan Thames Steel di Divisi Pertama Liga Selatan Inggris berikutnya adalah kekalahan 0-7 dari Tottenham Hotspur pada 4 November.

Kekalahan tersebut merupakan pukulan mental bagi Thames Ironworks sehingga penampilannya terus merosot hingga akhir musim. Keadaan semakin memburuk sejak salah satu pemain meninggal karena sakit, Tom Bradshaw. Meski dia satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam kemenangan 2-1 atas Millwall di Piala FA 1899/1900. Pertandingan yang menarik 13.000 penonton itu juga merupakan yang terakhir bagi Bradshaw. Thames Steelers beruntung menghindari degradasi saat mereka memenangkan tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Selatan Inggris 1899-1900. Menjelang akhir musim itu, Arnold juga berjuang untuk mengelola keuangan klub karena bisnisnya terpecah untuk mengambil alih perusahaan teknik lainnya. Hal ini mengakibatkan penjualan sebagian saham Thames Ironworks.

Dan Thames Steel resmi mundur dari permainan tersebut setelah musim berakhir. Thames Ironworks yang kosong kemudian diubah menjadi West Ham United dan dibuka secara resmi pada 5 Juli 1900. Jadi hari ini, 5 Juli 2017, bertepatan dengan hari ketika Thames Ironworks bertransformasi menjadi West Ham United. (*)

Post a Comment for "WEST HAM UNITED FC"