7 Jenis Marketing dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pengusaha

7 Jenis Marketing dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pengusaha
DIGITAL MARKETING - Tentunya dalam setiap bisnis, Anda membutuhkan cara untuk memasarkan atau memasarkan produk atau jasa Anda.

Apalagi di era teknologi yang semakin maju, semakin diperlukan untuk mempromosikan produk atau jasanya dengan mengatasnamakan digital marketing.

Pebisnis tidak perlu khawatir karena artikel ini memberikan jenis-jenis digital marketing yang bisa Anda pelajari untuk bisnis Anda.

Mengutip dari Kabarbanten.ikir-rakyat.com di Instagram @fahmihakimofficial, berikut 7 jenis digital marketing yang wajib diketahui para pebisnis:

1. Pemasaran Media Sosial

Dalam pemasaran media sosial, Anda harus menjangkau sebanyak mungkin target pasar melalui konten kreatif yang Anda posting di media sosial dan pastikan konten tersebut tersusun sebagai berikut: 60% kesadaran jenis, 30% pertimbangan jenis (penjualan lunak), 10 % jenis Konversi (penjualan keras).

2. Pemasaran berbayar

Pemasaran berbayar adalah iklan berbayar. Jenis pemasaran ini, Anda melakukan iklan berbayar untuk menjangkau audiens target yang tepat dengan konten pemasaran yang menarik perhatian mereka.

Tujuannya kemudian adalah pemirsa akan mengklik iklan Anda untuk menjadi pengunjung halaman penjualan Anda dan akhirnya melakukan pembelian.

Bahkan pada kenyataannya, pemirsa cenderung membeli 1-7 hari setelah melihat iklan Anda.

Di sini Anda dapat menggunakan Facebook & Instagram Ads, TikTok Ads, dan Google Ads. Kuasai mereka satu per satu.
7 Jenis Marketing dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pengusaha

3. KOL - Pemasaran

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Anda berkolaborasi, atau membayar seseorang yang memiliki penonton, dan pendapatnya didengar.

Dibutuhkan tim untuk mencari angka, menjalankan event/promosi di tempat yang mereka inginkan (nanti dibuat brief), dan tentunya mengeluarkan uang.

Namun yang terpenting dalam metode pemasaran ini adalah komunikasi. Cara berkomunikasi yang baik dengan para tokoh.

4. Pemasaran WhatsApp

Salah satu fungsi WhatsApp Marketing adalah mengumpulkan database pelanggan potensial Anda. Ini juga berfungsi sebagai alat manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Anda bisa melakukan beberapa WA marketing seperti WhatsApp Groups, WA story, radio, personal follow up dan jangan lupa untuk meminta pelanggan Anda untuk menyimpan nomor telepon Anda dan sebaliknya.

5. Pemasaran Email

Memiliki fitur yang mirip dengan pemasaran WhatsApp. Anda dapat membuat daftar (audiens).

Mereka dibagi menjadi daftar calon pembeli, daftar pembelian dan daftar pembelian berulang.

Kemudian Anda bisa melakukan broadcast ke ribuan bahkan ratusan ribu email sekaligus.

Anda memerlukan alat/aplikasi pemasaran email. Yang terbaik di Indonesia, ada KIRIM. surel. Aplikasi ini sudah go internasional.

6. Video Pemasaran

Dalam video marketing Anda membutuhkan storyboard, lalu pesan apa yang ingin Anda sampaikan dalam video tersebut, hal ini membutuhkan orang yang berdedikasi. Perkawinan pemasar dan kreatif. Jadi bukan sekedar video kreatif, ini adalah video penjualan

7. Pemasaran Afiliasi

Teknik pemasaran afiliasi sudah cukup tua. Dan cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Jenis pemasaran afiliasi ini memiliki pemasar yang mempromosikan produk Anda melalui tautan khusus.

Untuk membuat program afiliasi ini, Anda memerlukan beberapa perangkat lunak. Atau yang paling mudah, gunakan saja TikTok Shop & Shopee.

Inilah 7 jenis digital marketing yang wajib diketahui para pelaku bisnis. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber : Pikiran Rakyat

Post a Comment for "7 Jenis Marketing dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pengusaha"