7 Tips Mempersiapkan Inflasi Tinggi Agar Kantong Anda Tetap Aman

7 Tips Mempersiapkan Inflasi Tinggi Agar Kantong Anda Tetap Aman
TIPS - Setiap orang harus menyadari perubahan tingkat inflasi. Karena inflasi pada dasarnya merupakan bentuk kenaikan harga barang dan jasa. Inflasi meningkat jika harga barang dan jasa juga naik.
“Efek dari inflasi ini terasa ketika kita membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, sementara kita sendiri tidak dapat mencegah inflasi, yang dapat kita lakukan adalah mengembangkan strategi di mana uang tumbuh lebih dari laju inflasi.

Jadi alangkah baiknya jika kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana inflasi memengaruhi daya beli dan kita mulai menyiapkan strategi yang efektif untuk menghadapinya. Berikut adalah tip tentang bagaimana kita dapat mempersiapkan diri untuk kenaikan harga yang disebabkan oleh inflasi.

1. Mulailah menabung

Kita dapat mencegah kekurangan uang kita dengan menabung. Dengan menerapkan model tabungan yang benar, kami mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada serta memantau pengeluaran mana yang tidak diperlukan.

Dengan cara ini kita dapat mengurangi biaya. Disiplin dan mengikuti aturan yang kita buat untuk diri kita sendiri membuat kita lebih mudah menghadapi inflasi.

Dengan berhemat, Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Jadi jika suatu hari inflasi datang, maka Anda bisa menghadapinya dengan lebih baik.

2. Melakukan investasi

Berinvestasi adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi uang yang kita miliki dari inflasi. Salah satunya adalah berinvestasi di saham dan obligasi, yang akan memungkinkan kita untuk mengembangkan keuangan kita lebih cepat daripada yang bisa kita simpan di rekening bank dalam bentuk tabungan atau deposito.

Ingatlah bahwa inflasi mengurangi daya beli uang tunai yang disimpan. Pada saat yang sama, jika Anda menaruh uang Anda pada sarana investasi yang tepat, daya beli akan tetap sama dan uang Anda tidak akan kehilangan nilainya.
7 Tips Mempersiapkan Inflasi Tinggi Agar Kantong Anda Tetap Aman
7 Tips Mempersiapkan Inflasi Tinggi Agar Kantong Anda Tetap Aman

3. Buat rencana keuangan A dan B

Ketika ekonomi buruk dan rencana keuangan pertama kita gagal. Kemudian kami punya plan B yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang ada saat itu.

Pepatah "rencanakan hari hujan" sangat berguna saat menghadapi resesi. Jika terjadi krisis, pastikan Rencana B Anda selalu ada. Oleh karena itu, kita harus mengelola anggaran pendapatan dan pengeluaran kita secara bijaksana dan bijaksana agar keuangan keluarga kita tetap terjaga.

4. Pilih pembayaran cicilan fixed-rate

Jika kita sangat membutuhkan uang dan harus ke bank untuk meminjam uang, maka pilihlah rusun dalam arti cicilan tetap. Apalagi saat inflasi sedang tinggi.

Pembayaran cicilan fixed rate ini bisa didapatkan melalui pinjaman tanpa agunan atau pinjaman bank syariah. Oleh karena itu, nilai cicilan kami akan tetap sampai cicilan selesai. Sebaliknya, memilih hipotek tingkat variabel akan membuat Anda berisiko terhadap kenaikan suku bunga seiring dengan kenaikan inflasi.

5. Cari penghasilan tambahan

Cara terbaik menghadapi inflasi adalah dengan kreatif dan produktif, yaitu mencari penghasilan tambahan, atau dengan kata lain mencari usaha sampingan. Jika kita pekerja kantoran, gunakan waktu yang tersisa untuk mencari penghasilan tambahan, entah itu berjualan online atau menjual jasa atau keterampilan yang kita miliki.

Selain berinvestasi, Anda juga harus memiliki usaha sampingan sebagai sumber penghasilan alternatif jika sewaktu-waktu Anda kehilangan sumber penghasilan utama.

6. Kurangi intensitas perjalanan selama liburan

Seperti disebutkan di atas, kita harus menghemat uang, dan salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghemat adalah mengurangi waktu liburan.

Mungkin kalau sebulan sebelumnya kita liburan di luar atau di kota 4 kali, 2 atau bahkan 1 bulan sudah cukup. Hal ini berdampak besar pada kondisi keuangan kami.

Jika Anda tidak memiliki dana darurat, sebaiknya jangan menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Namun jika Anda menginvestasikannya dengan baik dan memiliki dana darurat dengan biaya 12 bulan yang cukup, tidak ada salahnya menggunakan uang itu untuk liburan sesekali.

7. Tetap fit dan berolahraga secara teratur

Hal terakhir adalah tetap menjaga kesehatan tubuh dan berolahraga. Mengapa? Karena dengan tetap fit dan aktif, kita dipastikan tetap segar dan sehat tanpa sakit.

Karena jika kita sakit dan tidak enak badan, maka kita membutuhkan dana tambahan untuk berobat, dan tentunya biaya berobat dan obat sangat mahal saat ini.

Nah itulah beberapa trik dan hal yang pasti bisa kita coba lakukan dalam skenario inflasi tinggi. (*)

Post a Comment for "7 Tips Mempersiapkan Inflasi Tinggi Agar Kantong Anda Tetap Aman"