Cara Tepat untuk Mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

Cara Tepat untuk Mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Cara Tepat untuk Mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah membutuhkan langkah dan strategi yang tepat. Karena banyak usaha kecil, menengah dan mikro telah berdiri, tetapi usahanya tidak berkembang, merugi, bahkan bangkrut. Untuk itu, artikel ini akan memberikan  Tips untuk membantu agar bisa mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Anda.

Survei dan Observasi Potensi

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis Anda adalah membuka cabang bisnis Anda di tempat-tempat yang memiliki potensi penjualan tinggi. Dimulai dengan meneliti berbagai tempat yang memiliki target pasar.
Lakukan penelitian dan lihat di mana dan di mana Anda ingin mengemudi. Mulailah dengan mencari tahu apakah lokasi membutuhkan apa yang Anda jual. 

Ajukan pertanyaan seperti berapa banyak orang yang melewati lokasi tersebut, berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk Anda, seberapa mudah logistiknya, dan apa kebutuhan Anda saat membuka cabang di lokasi tersebut. Ini memungkinkan untuk mengumpulkan pengamatan dan mempertimbangkan apakah lokasi tersebut cocok untuk bisnis.

Berpartisipasi dalam Beberapa Pameran dan Festival

Untuk mendukung keberadaan produk Anda, hadiri pameran atau festival. Dengan ini, produk Anda akan dikenalkan ke masyarakat luas. Pameran dan festival adalah acara pemasaran yang cukup terjangkau yang dapat meraup keuntungan tambahan seperti bertemu pemasok baru, mempelajari pesaing bisnis Anda, dan mendapatkan pelanggan setia potensial Anda. 

Pilih pameran atau festival yang sesuai dengan produk Anda. Misalnya, jika Anda berbisnis fashion, tentunya Anda harus mengikuti pameran yang bertemakan produk fashion. Jika Anda memiliki kuliner/makanan khas, Anda perlu menghadiri pameran tentang makanan tradisional.

Membangun Relasi antar Sesama Pengusaha

Menjalankan bisnis bukan hanya tentang transaksi, tetapi tentang menambah lebih banyak hubungan. Semakin banyak hubungan yang Anda miliki, semakin mudah menemukan pemasok tepercaya. Plus, semakin banyak hubungan yang Anda miliki, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk mengembangkan bisnis Anda.
Cobalah bergabung dengan beberapa komunitas yang berbagi jenis bisnis yang sama dengan milik Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan.

Tingkatkan Kualitas Layanan

Ini adalah bagian yang sama pentingnya untuk mengembangkan bisnis Anda. Ketika Anda menerima kritik dan saran dari pelanggan Anda, Anda dapat memperbaiki hal-hal yang kurang menyenangkan tentang pengalaman pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan Anda. Tetapi tidak semua permintaan Anda akan dipenuhi. 

Anda harus hati-hati mengamati kritik dan saran mana yang akan meningkatkan bisnis Anda dan mana yang tidak. Prioritaskan kritik yang sering muncul dari klien karena kritiklah yang paling membuat klien tidak nyaman. Setelah itu, pilihlah proposal yang telah Anda terima dari banyak klien Anda yang sudah ada. Karena itu mungkin membedakan Anda dari pesaing Anda.

Fokus pada Pengembangan Teknologi Bisnis

Di era digital ini, sangat disayangkan jika Anda ketinggalan teknologi. Karena dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dalam hal manajemen, transaksi keuangan, komunikasi dan penjualan. Anda sering membuka artikel teknis terkait bisnis agar tidak ketinggalan. Manfaatkan teknologi dalam bisnis Anda, seperti berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan aplikasi Messenger, mengirim video dan foto produk, video call, dan lainnya. 

Semua ini mempengaruhi perjalanan bisnis Anda, karena saat ini pasar juga menuntut kecepatan, ketepatan dan kehandalan. Kecepatan informasi, respon yang cepat, manajemen yang terstruktur, SOP (Standard Operating Procedure) merupakan aspek yang dapat melengkapi dan sangat mendukung bisnis Anda. Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam bisnis ini, itu akan menjadi nilai plus bagi Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Gunakan Media Sosial untuk Memasarkan Produk Anda

Setiap pengusaha tentunya ingin meningkatkan penjualan usahanya. Cara yang efektif adalah dengan melakukan pemasaran (marketing). Di era digital ini, dengan adanya internet, orang dapat mencari informasi hanya dengan menyalakan ponselnya. Sebagian besar dari mereka menggunakannya untuk mengakses media sosial.
Oleh karena itu, pemasaran digital diperlukan untuk memperkenalkan produk kepada calon pelanggan. 

Semakin banyak mereka mengaktifkan media sosial, semakin banyak mereka melihat produk Anda. Manfaatkan kesempatan ini dan manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan BBM untuk digital marketing.

Manfaatkan Beberapa e-commerce untuk Menjual produk Anda

Era digital membuat masyarakat lebih memilih menggunakan internet untuk berbelanja yaitu belanja online. Karena belanja online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, pelanggan tidak perlu pergi ke mal atau mal untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Salah satu cara orang berbelanja online adalah dengan mengunjungi e-commerce. 

E-commerce adalah situs web tempat orang membeli dan menjual berbagai barang, di seluruh internet atau online. E-Commerce dengan konsep marketplace menawarkan para pengusaha layanan untuk berjualan secara online dengan mendirikan toko dan terjun di website mereka. Gunakan beberapa situs eCommerce untuk menjual produk dan memperluas area target pasar Anda. Manfaatkan fitur yang ditawarkan eCommerce untuk mempermudah pengelolaan semua penjualan Anda.

Kelola Akuntansi dan Inventaris dengan Sistem ERP

Menjalankan bisnis lebih dari sekadar membeli dan menjual. Tetapi penting juga untuk tetap mengikuti proses administrasi dan keuangan perusahaan Anda. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencatatan dan penghitungan setiap transaksi yang terjadi. Hal ini tentu menjadi tugas yang mudah ketika jumlah barang yang terjual hanya bisa dihitung dengan jari. 

Tetapi ketika barang Anda laris manis dan Anda memiliki banyak penjualan yang terjadi dalam sebulan, itu pasti bisa merepotkan. Oleh karena itu, Anda memerlukan sistem ERP yang mencakup fitur-fitur yang dapat membantu Anda mengelola inventaris dan akuntansi. Dari situ Anda bisa melihat perkembangan omzet Anda setiap bulan dan tahunnya. 

Juga, Anda dapat melihat laporan laba rugi untuk melihat apakah pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan finansial Anda. Dalam hal persediaan, Anda dapat melihat berapa banyak barang yang Anda miliki. Dari sini Anda juga bisa melihat barang mana yang kurang populer dan mana yang laris manis sehingga Anda bisa mengetahui berapa stok barang yang ada.

Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena untuk melakukan itu, Anda perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu. Keberhasilan bisnis Anda sangat bergantung pada strategi yang Anda jalankan. Jika Anda tidak menjalankan strategi dengan benar maka Anda bisa kehilangan uang. Namun, jika Anda melakukannya dengan benar dalam langkah-langkah terukur, itu bisa meningkatkan pendapatan dan omzet Anda. (*)

Post a Comment for "Cara Tepat untuk Mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)"