Mahasiswa Amikom melakukan konsultasi digital marketing dan pelatihan desain pada UMKM di Desa Triharjo

Mahasiswa Amikom melakukan konsultasi digital marketing dan pelatihan desain pada UMKM di Desa Triharjo
DIGITAL MARKETING - Kelompok projek sosial mahasiswa Amikom Yogyakarta mengadakan acara berupa pendampingan dengan tema “Pelatihan Desain Tobong Pandan dan Pelatihan Digital Marketing Pasangan UMKM” di Dusun Murangan VII, Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Ada tiga poin dalam Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat yang biasa dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun Universitas Amikom Yogyakarta khususnya program studi Ilmu Komunikasi memiliki program KKN yang berbeda dengan KKN.

Program ini disebut proyek sosial. Proyek sosial ini merupakan mata kuliah wajib di Jurusan Ilmu Komunikasi dengan total 4 SKS. Dalam proyek sosial, siswa harus dapat bekerja dengan pasangannya dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dialami pasangannya dan kemudian bekerja sama untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Bagi mitra yang diajak bekerja sama, misalnya dari desa wisata/UMKM/organisasi yang berdampak pada lingkungan sekitar.

Kelompok 2 beranggotakan 10 orang, dan Ibu Riski Damastuti selaku dosen ketua memilih mitra kerja UMKM Tobong Pandan Sepasang. Tobong Pandan Sepasang adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan pengairan dengan berbagai macam produk. Kelompok 2 memilih UMKM Tobong karena melihat potensi dan peluang yang besar pada UMKM tersebut, namun masih belum menjadi pilihan terbaik dalam hal pengelolaan potensi dan peluang tersebut.

Mahasiswa Amikom melakukan konsultasi digital marketing dan pelatihan desain pada UMKM di Desa Triharjo
Mahasiswa Amikom melakukan konsultasi digital marketing dan pelatihan desain pada UMKM di Desa Triharjo

Salah satu program kerja yang dilakukan kelompok tersebut adalah menyelenggarakan acara pelatihan desain dan pemasaran digital bagi sepasang UKM di Tobong Pandan pada Kamis, 22 Desember 2022 di Murangan VII, Triharjo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Pelatihan dibuka dengan sambutan oleh ketua kelompok Rivaldy Dhean Prayoga, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Raden Arditya Mutwara Lokita, dosen Universitas Amikom Yogyakarta.

Moderator Raden Arditya Mutwara Lokita menjelaskan pentingnya desain dalam membangun bisnis. Desain sangat penting dalam membangun sebuah bisnis karena di zaman sekarang ini jasa desain grafis sangat mahal nilainya dan memiliki nilai jual tersendiri. Selain itu beliau juga menjelaskan materi tentang digital marketing. Di dunia pemasaran saat ini, pemasaran digital digunakan sebagai senjata promosi di dunia digital, yang sangat memudahkan kita untuk melakukan promosi.

“Penyajian materi workshop sangat bagus dan menarik serta memudahkan penggunaan aplikasi editing yang juga bekerja dengan gadget yang dimiliki oleh semua anggota Pasangan Tobong Pandan,” ujar Zulan, salah satu peserta.

Sehubungan dengan acara tersebut, anggota Grup 2 juga memberikan pelatihan tentang cara mengedit menggunakan aplikasi Canva dari perangkat mereka. Para peserta sangat antusias mempelajari cara mengedit yang sebenarnya cukup sederhana.

Pelatihan desain dan digital marketing ini didasarkan pada solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh UKM Tobong Pandan A Pair. Anggota UKM Tobong saat ini tidak bisa mendesain produknya sendiri, juga tidak bisa mempromosikan produknya hanya dari mulut ke mulut atau dari orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu, menurut kelompok 2, diperlukan kegiatan workshop pelatihan desain tentang desain dan pemasaran digital.

“Era ini sangat membutuhkan pemasaran digital karena kita tahu semua orang menggunakan gadget dan memiliki kehidupannya sendiri di luar sana, kehidupan digital,” kata MC Fiqo, yang mengarahkan lokakarya pelatihan pemasaran digital. Tobong Pandan Sepasang. (*)

Post a Comment for "Mahasiswa Amikom melakukan konsultasi digital marketing dan pelatihan desain pada UMKM di Desa Triharjo"