Juventus Terguncang: Pemotongan Poin dan Kekalahan Melorotkan Posisi di Liga Italia

Juventus Terguncang: Pemotongan Poin dan Kekalahan Melorotkan Posisi di Liga Italia
Pada Selasa dinihari, tanggal 23 Mei 2023, Juventus menghadapi dua pukulan beruntun di Liga Italia. Mereka pertama-tama dijatuhi sanksi pengurangan 10 poin oleh Federasi Sepak bola Italia (FIGC) atas kasus manipulasi finansial dan nilai transfer. Hukuman ini menghancurkan harapan Juventus untuk finis di empat besar dan terancam gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Hukuman tersebut merupakan kali kedua bagi Juventus musim ini. Mereka sebelumnya telah dihukum dengan pengurangan 15 poin, tetapi hukuman itu kemudian dibatalkan setelah klub mengajukan banding. Namun, kali ini hukuman pengurangan poin diberlakukan secara resmi dan berdampak langsung pada posisi mereka dalam klasemen.

Selain pemotongan poin, Juventus juga mengalami kekalahan telak dengan skor 1-4 saat bertandang ke markas Empoli pada pekan ke-36 Liga Italia. Hasil tersebut semakin memperburuk posisi mereka dalam klasemen dan menjauhkan harapan untuk finis di zona Eropa.
Juventus Terguncang: Pemotongan Poin dan Kekalahan Melorotkan Posisi di Liga Italia
Saat ini, Juventus menempati peringkat ketujuh dalam klasemen sementara Serie A musim 2022/2023. Mereka berhasil mengumpulkan 59 poin dari 36 pertandingan, hanya terpaut satu angka dari AS Roma yang berada di atas mereka. Pada pertandingan yang sama, AS Roma bermain imbang 2-2 dengan Salernitana.

Hukuman yang diberikan kepada Juventus telah mengubah posisi empat besar dalam klasemen. Napoli tetap kokoh di puncak klasemen dan telah memastikan diri sebagai juara Liga Italia musim ini. Lazio naik ke peringkat kedua dengan 68 poin, mengungguli Juventus sebanyak 7 poin dan dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. 

Inter Milan naik ke peringkat ketiga dengan 66 poin, sementara AC Milan juga berhasil masuk ke empat besar dengan 64 poin. Dalam dua pertandingan tersisa, kedua tim Milan tersebut akan bersaing ketat untuk memperebutkan posisi, juga harus bersaing dengan Atalanta yang memiliki 61 poin untuk merebut tiket Liga Champions.

Juventus harus menerima konsekuensi dari pemotongan poin dan mencari cara untuk memperbaiki performa mereka agar dapat bersaing kembali di musim mendatang. (*)

Post a Comment for "Juventus Terguncang: Pemotongan Poin dan Kekalahan Melorotkan Posisi di Liga Italia"