Keuntungan Format Baru Liga 1 2023/2024 bagi Sepak Bola Nasional

Keuntungan Format Baru Liga 1 2023/2024 bagi Sepak Bola Nasional
TIYARMANGULO.BLOGSPOT.COM - Format dan sistem kompetisi yang berbeda yang diterapkan di Liga 1 2023/2024 dianggap memberikan tiga keuntungan signifikan bagi sepak bola nasional.

Dalam format baru ini, kompetisi dibagi menjadi dua seri, yaitu Reguler Series dan Championship Series. Pada Reguler Series, terdapat 18 tim yang saling berhadapan dengan sistem home-away.

Sementara itu, Championship Series melibatkan hanya empat tim terbaik dari Reguler Series untuk berkompetisi di tingkat selanjutnya. Keempat tim tersebut akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 musim depan, dengan mempertimbangkan format kompetisi yang berlaku.

Championship Series menggunakan sistem gugur, di mana peringkat satu akan berhadapan dengan peringkat empat, dan peringkat dua akan bertemu dengan peringkat tiga dari klasemen Reguler Series. Pemenang dari kedua pertandingan ini akan maju ke final untuk memperebutkan gelar juara, sedangkan yang kalah akan bersaing untuk meraih posisi ketiga.

Dengan menerapkan format ini dengan benar, setidaknya ada tiga manfaat penting yang akan dirasakan oleh Liga Indonesia pada musim depan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Kompetitif: 

Format baru ini akan meningkatkan persaingan di Liga 1, terutama bagi tim-tim yang selalu berada di papan atas. Tim-tim ini akan saling berhadapan untuk berusaha masuk ke empat besar klasemen akhir Reguler Series, sehingga mereka dapat berpartisipasi di Championship Series dan bersaing untuk meraih gelar juara.

2. Pengurangan Match Fixing: 

Format baru ini dianggap efektif dalam mengurangi kasus match fixing, karena semua klub akan berjuang sampai akhir kompetisi. Dengan sistem sebelumnya, ada peluang bagi klub-klub papan bawah untuk terlibat dalam kegiatan bisnis yang tidak fair, seperti penjualan pemain di tengah pertandingan. Dengan Reguler Series, tim-tim peserta akan berjuang untuk mencapai posisi empat besar dan melanjutkan ke Championship Series, sehingga meningkatkan integritas kompetisi.

3. Peningkatan Jumlah Pertandingan: 

Format baru ini juga membawa peningkatan jumlah pertandingan. Sistem sebelumnya melibatkan 308 pertandingan, sementara dengan sistem baru total pertandingan mencapai 316. Hal ini akan memberikan variasi baru dalam kompetisi sepak bola Tanah Air dan menambah jumlah tontonan bagi penggemar sepak bola Indonesia.

Dengan menerapkan format dan sistem kompetisi yang baru ini, diharapkan Liga 1 dapat menghadirkan persaingan yang lebih sengit, mengurangi praktik match fixing, dan memberikan lebih banyak pertandingan menarik bagi para penggemar sepak bola di Indonesia. (*)

Post a Comment for "Keuntungan Format Baru Liga 1 2023/2024 bagi Sepak Bola Nasional"