Pemain-Pemain Argentina yang Pernah Membela Persija Jakarta

Pemain-Pemain Argentina yang Pernah Membela Persija Jakarta
TIYARMANGULO.BLOGSPOT.COM - Kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia menarik perhatian para penggemar sepak bola Tanah Air. Pertandingan melawan Timnas Indonesia di Jakarta pada 19 Juni 2023 menjadi agenda FIFA Matchday yang dinanti-nantikan. Tidaklah asing bagi Indonesia memiliki pemain-pemain sepak bola asal Argentina, mengingat banyak klub di Liga Indonesia yang pernah mengandalkan jasa pemain-pemain dari negara tersebut. Salah satunya adalah Persija Jakarta, salah satu klub terkenal di Liga Indonesia yang memiliki sejarah panjang.

Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta, beberapa kali mengandalkan pemain asal Argentina untuk memperkuat timnya. Bahkan, Persija melakukan pemantauan langsung di Argentina sebelum mendatangkan pemain-pemain tersebut. Berikut adalah lima pemain asal Argentina yang pernah bermain di Liga Indonesia untuk Persija:

1. Emanuel De Porras

Emanuel De Porras, yang akrab disapa Cachi, menjadi pemain Argentina pertama yang bergabung dengan Persija Jakarta. Dia bergabung dengan Macan Kemayoran pada tahun 2003 dan langsung menunjukkan kualitasnya. De Porras mencetak 16 gol dalam 28 pertandingan yang ia mainkan dan pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan. Kolaborasinya dengan Bambang Pamungkas menghasilkan total 28 gol. Meskipun hanya bermain satu musim untuk Persija, De Porras kemudian pindah ke PSIS Semarang.

2. Gustavo Chena

Gustavo Chena, seorang gelandang, menjadi bagian dari Persija Jakarta selama dua musim, yaitu dari pertengahan 2003 hingga 2005. Chena juga tampil impresif dengan mencetak lima gol dalam 25 pertandingan. Setelah meninggalkan Persija, ia kembali ke Argentina dan bermain untuk tim lokal, 9 de Julio, pada musim 2005-2006. Chena kemudian kembali ke Indonesia dan akhirnya mendapatkan lisensi kepelatihan.

3. Gustavo Ortiz

Gustavo Hernan Ortiz, pemain gelandang dengan gaya rambut gondrong yang dikuncir, menjadi mitra yang baik bagi Emanuel De Porras dalam serangan Persija. Penampilannya yang mengejutkan dengan umpan terobosan yang brilian dan operan- operan yang memanjakan striker membuatnya menjadi pemain yang diingat. Namun, ia tidak lama bermain untuk Persija karena akhirnya bergabung dengan Mahesa Jenar, julukan PSIS.

4. Robertino Pugliara

Robertino Pugliara, playmaker yang elegan, datang ke Persija pada tahun 2006 dan dengan cepat menjadi favorit para suporter Persija. Pugliara tampil sangat baik dalam mengatur serangan tim dan mencetak delapan gol dalam 50 pertandingan. Setelah meninggalkan Persija pada tahun 2009 untuk bergabung dengan Persiba Balikpapan, ia kembali ke Persija pada tahun 2011 dan bermain hingga 2013 sebelum akhirnya pindah ke PSM Makassar.

5. Alan Aciar

Alan Aciar, seorang bek yang sebelumnya bermain untuk klub Argentina, Union Villa Krause, mengalami kisah yang pahit bersama Persija. Saat itu, kompetisi Indonesian Super League (ISL) dihentikan dan klub mengalami masalah pembayaran gaji, termasuk Aciar. Kontraknya dengan Persija diputus pada Mei 2015, dan ia dilarang pindah ke klub lain di Indonesia, menyebabkan situasinya menjadi tidak harmonis. Aciar kemudian bergabung dengan klub Malaysia, MISC-MIFA, pada Januari 2017, namun terlibat dalam kasus pengaturan skor yang memperburuk situasinya.

Demikianlah lima pemain asal Argentina yang pernah bermain di Liga Indonesia untuk Persija Jakarta. (*)

Post a Comment for "Pemain-Pemain Argentina yang Pernah Membela Persija Jakarta"