Asnawi Mangkualam Ungkap Alasan Mengapa Liga Indonesia Tertinggal Jauh dari Korea Selatan

Asnawi Mangkualam Ungkap Alasan Mengapa Liga Indonesia Tertinggal Jauh dari Korea Selatan

TIYARMANGULO.BLOGSPOT.COM
- Liga sepak bola Indonesia telah diungkapkan oleh Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia, bahwa liga tersebut tertinggal jauh dibandingkan dengan liga sepak bola di Korea Selatan. Asnawi saat ini bermain untuk klub Jeonnam Dragons di Korea Selatan.

Menurut Asnawi Mangkualam, ada tiga faktor yang menjadi penyebab mengapa sepak bola dan Liga Indonesia tertinggal dari Korea Selatan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Asnawi Mangkualam adalah mentalitas para pemain Indonesia. Kapten Timnas Indonesia ini mengakui bahwa secara mental, pemain Indonesia jauh tertinggal dari pemain Korea Selatan.

"Kalau dari segi pemain, mungkin mentalitas pemain Indonesia perlu ditingkatkan," ujar Asnawi Mangkualam seperti yang dikutip dari laman resmi FIFA.

Liga sepak bola Korea Selatan saat ini menduduki peringkat ke-3 di Asia, sedangkan Liga Indonesia berada di peringkat ke-25 di Asia.

Asnawi Mangkualam menjelaskan bahwa kompetisi sepak bola di Korea Selatan lebih terstruktur karena adanya Liga mahasiswa dan liga untuk usia dini.

"Di Korea Selatan, kompetisi sepak bola cukup terstruktur karena ada liga mahasiswa dan liga untuk usia dini. Klub tidak perlu melakukan seleksi pemain," kata Asnawi.

Asnawi juga menambahkan, "Banyak pemain mahasiswa yang direkrut dari tim Liga 2, sama seperti yang saya alami saat bermain untuk Ansan Grenners."

Selain itu, menurut Asnawi Mangkualam, masalah pembinaan usia dini yang kurang maksimal dan fasilitas lapangan yang kurang memadai juga menjadi kendala bagi Liga Indonesia dalam mengejar ketertinggalannya dari Korea Selatan.

Menurut Asnawi, salah satu faktor yang membuat Korea Selatan lebih maju dalam sepak bola dibandingkan Indonesia adalah fasilitas lapangan yang baik. Bahkan, beberapa lapangan tidak perlu disewa untuk digunakan.

Situasi tersebut berbeda di Indonesia, di mana masih banyak lapangan yang tidak memadai, sehingga pemain muda kurang termotivasi dalam latihan. "Di Indonesia, kita harus menyewa lapangan latihan dan kualitasnya juga kurang baik."

"Bagaimana pemain muda bisa berlatih dengan semangat jika kami tidak memiliki lapangan yang layak di daerah masing-masing," tambahnya.

Demikianlah ungkapan Asnawi Mangkualam mengenai alasan mengapa Liga Indonesia tertinggal jauh dari Korea Selatan. Peningkatan mentalitas pemain, pembinaan usia dini yang lebih baik, dan fasilitas lapangan yang memadai menjadi beberapa faktor yang harus diperhatikan dan ditingkatkan untuk memajukan sepak bola di Indonesia. (*)

Post a Comment for "Asnawi Mangkualam Ungkap Alasan Mengapa Liga Indonesia Tertinggal Jauh dari Korea Selatan"