Oliver Kahn: Kisah Karier Sang Legenda Kiper Jerman

Oliver Kahn: Kisah Karier Sang Legenda Kiper Jerman

BOLAPANDIT.COM
- Oliver Rolf Kahn, atau yang lebih dikenal sebagai Oliver Kahn, adalah salah satu kiper legendaris Jerman. Lahir pada tanggal 15 Juni 1969, Kahn telah mencatatkan prestasi yang mengesankan selama karier profesionalnya, memenangkan delapan trofi Bundesliga, Piala UEFA 1996, dan Liga Champions 2001. Selain itu, ia juga bermain dalam 86 pertandingan untuk tim nasional Jerman. Nama Kahn menjadi sangat populer ketika Piala Dunia 2002 berlangsung, meskipun Jerman tidak berhasil mengalahkan Brasil dalam pertandingan final.

Kahn masih mendapatkan kesempatan untuk bermain dalam skuad Jerman saat Piala Dunia 2006. Namun, perannya terbatas, dan ia hanya bermain dalam satu pertandingan selama turnamen tersebut, yaitu pertandingan memperebutkan posisi ketiga melawan Portugal, yang dimenangkan oleh Jerman.

Pada awal karier profesionalnya, Kahn bergabung dengan klub Karlsruhe SC pada tahun 1987. Dalam perjalanan kariernya, ia dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1999, 2001, dan 2002, Kahn dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia, menegaskan reputasinya sebagai salah satu yang terbaik di posisinya. Ia juga mendapatkan bimbingan dari Sepp Maier, mantan penjaga gawang terkenal yang menjadi pelatih kiper Bayern Munchen.

Setelah tumbuh dan berkembang dengan baik, Kahn akhirnya bergabung dengan Bayern Munchen pada tahun 1994. Bersama timnya, ia meraih delapan gelar juara Bundesliga dan enam Piala Jerman selama 14 tahun berseragam Bayern Munchen. Kahn memimpin Bayern Munchen meraih gelar Piala UEFA pada tahun 1996 dan Liga Champions UEFA pada tahun 2001. Meskipun sukses di klub, Kahn tidak dipanggil untuk bermain di tim nasional Jerman dalam usia muda.

Oliver Kahn: Kisah Karier Sang Legenda Kiper Jerman

Kahn memulai debutnya dalam pertandingan internasional pada tahun 1995 dan menjadi kiper kedua Jerman dalam Kejuaraan Eropa 1996, di mana Jerman keluar sebagai juara. Ia juga menjadi bagian dari timnas Jerman dalam Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2002.

Salah satu momen penting dalam karier Kahn adalah saat final Piala Dunia 2002 melawan Brasil. Meskipun Jerman kalah dalam pertandingan tersebut, Kahn berhasil meraih gelar FIFA World Cup Golden Ball sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Ia juga menerima penghargaan Lev Yashin sebagai kiper terbaik dalam turnamen tersebut, menjadikannya satu-satunya kiper sepanjang sejarah yang meraih penghargaan tersebut.

Pada tahun 2008, Oliver Kahn memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional. Ia kemudian mencoba karier sebagai komentator sepak bola televisi sebelum akhirnya kembali ke Bayern Munchen pada tahun 2021 sebagai CEO klub. Meskipun Bayern Munchen berhasil memenangkan Liga Jerman pada musim 2022-2023 dengan mengalahkan Borussia Dortmund melalui gol menit terakhir Yamal Musiala, klub mengalami kekacauan dengan pengumuman pemecatan CEO Oliver Kahn dan direktur olahraga Hasan Salihamidzic hanya beberapa menit setelah memastikan gelar Bundesliga.

Karier Oliver Kahn sebagai pemain sepak bola dan kemudian sebagai eksekutif klub mencerminkan dedikasinya terhadap olahraga ini. Ia tetap menjadi salah satu kiper legendaris dalam sejarah sepak bola Jerman, dan warisannya akan terus dikenang oleh para penggemar dan penggemar sepak bola di seluruh dunia.***

Post a Comment for "Oliver Kahn: Kisah Karier Sang Legenda Kiper Jerman"