Pengaruh Pemain Abroad Indonesia Asnawi Mangkualam di Korea Selatan dan Ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia

Pengaruh Pemain Abroad Indonesia Asnawi Mangkualam di Korea Selatan dan Ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia

BOLAPANDIT.COM
- Pemain sepak bola Indonesia, Asnawi Mangkualam, telah berhasil mencuri perhatian di Korea Selatan. Hal ini terbukti dengan minat yang timbul pada Liga Indonesia dari salah satu pemain Korea Selatan, Lee Sungyon. Sungyon adalah anggota tim Jeonbuk Hyundai Motors FC di Liga 1 Korea Selatan, dan saat ini dia berada di Indonesia bersama timnya untuk pertandingan persahabatan melawan Persis Solo.

Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu, 17 Juni 2023, sebagai persiapan menjelang musim Liga 1 2023-2024.

Dalam sebuah wawancara di saluran YouTube Sambernyawa TV, Lee Sungyon mengungkapkan ketertarikannya terhadap Liga Indonesia. Meskipun demikian, ia mengaku belum begitu mengenal banyak klub-klub yang berkompetisi di Liga 1 saat ini.

Lee Sungyon sendiri pernah bermain melawan Asnawi Mangkualam di Korea Selatan. Penampilan Asnawi saat itu menarik perhatian Sungyon dan membuatnya penasaran dengan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Sebagai seorang winger berusia 22 tahun, Sungyon mengisyaratkan keinginannya untuk bermain di Liga 1. Selain itu, ia juga menyebut bahwa pernah tinggal di Indonesia sebelumnya.

Hal tersebut membuat Sungyon merasa akrab dengan gaya bermain Asnawi Mangkualam. Ia juga mengagumi kualitas pemain andalan Timnas Indonesia tersebut.

"Saya pernah tinggal di Indonesia saat kecil, dan sekarang ada pemain Indonesia di Liga Korea, Asnawi di klub Jeonnam Dragons. Kedua faktor tersebut membuat saya sedikit tertarik untuk ikut berkompetisi di Liga Indonesia," ujar Sungyon dalam wawancara di saluran YouTube Laskar Sambernyawa, pada Jumat, 16 Juni 2023.

Pengaruh Pemain Abroad Indonesia Asnawi Mangkualam di Korea Selatan dan Ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia

"Sejujurnya, saya tidak terlalu tahu nama klub-klubnya. Mungkin nama Persis Solo pernah terdengar. Intinya, saya tertarik dengan Liga Indonesia," tambahnya.

Sungyon juga berbagi pengalamannya bermain melawan Asnawi dan Jeonnam Dragons. Sebagai seseorang yang pernah tinggal di Indonesia, Sungyon merasa lebih familiar dengan Asnawi Mangkualam dan merasa tertarik dengan keahliannya sebagai pemain Indonesia.

Ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia yang diungkapkan dalam wawancara tersebut menjadi bukti pengaruh positif Asnawi Mangkualam di Korea Selatan. Kehadiran Asnawi di klub Jeonnam Dragons telah memicu minat dan perhatian terhadap sepak bola Indonesia, serta menarik minat pemain asing untuk bermain di Liga Indonesia.

Pengalaman Sungyon dan testimoni positifnya terkait Asnawi Mangkualam dapat memberikan dampak positif bagi promosi dan perkembangan sepak bola Indonesia. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya peran pemain-pemain berbakat dalam memperluas citra dan reputasi sepak bola Indonesia di tingkat internasional.

Dengan adanya minat dari pemain asing seperti Lee Sungyon, Liga Indonesia dapat semakin meningkatkan daya tariknya sebagai kompetisi sepak bola yang menarik dan berkualitas di mata dunia. Selain itu, hal ini juga dapat membuka peluang bagi pemain Indonesia untuk mendapatkan pengalaman bermain di level yang lebih tinggi dan mengembangkan potensi mereka secara global.

Dengan pemain seperti Asnawi Mangkualam yang berhasil menarik perhatian di luar negeri, harapan akan masa depan sepak bola Indonesia semakin terbuka lebar. Diharapkan hal ini dapat menjadi inspirasi bagi para pemain muda Indonesia untuk terus berjuang dan mengembangkan bakat mereka, serta menjadikan sepak bola Indonesia semakin dikenal dan dihormati di dunia internasional.

Pada akhirnya, kehadiran Asnawi Mangkualam di Korea Selatan dan ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia menjadi bukti nyata bahwa sepak bola Indonesia memiliki potensi besar untuk bersinar di tingkat global. Dengan upaya dan dedikasi bersama, semakin banyak pemain Indonesia yang dapat membawa nama negara dan memperluas pengaruh positif sepak bola Indonesia ke kancah internasional.***

Post a Comment for "Pengaruh Pemain Abroad Indonesia Asnawi Mangkualam di Korea Selatan dan Ketertarikan Lee Sungyon terhadap Liga Indonesia"