Pengurangan Hukuman Terpidana Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Pengurangan Hukuman Terpidana Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

TIYARMANGULO.COM
- Terkini dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, terdapat perkembangan terkait hukuman bagi para terpidana yang terlibat. Empat terpidana mendapatkan pengurangan hukuman dari Mahkamah Agung (MA), sementara satu terpidana lainnya telah dibebaskan dengan syarat.

Dalam kasus ini, keempat terpidana yang mendapatkan pengurangan hukuman adalah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf. Sebagai pelaku utama pembunuhan berencana, Ferdy Sambo awalnya dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) dan hukuman tersebut dikuatkan di tingkat banding di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. Namun, MA memutuskan untuk mengurangi hukumannya menjadi penjara seumur hidup.

Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo, juga mendapatkan pengurangan hukuman dari 20 tahun penjara menjadi 10 tahun penjara setelah melewati tingkat kasasi di MA. Ricky Rizal Wibowo, mantan ajudan Ferdy Sambo, dan Kuat Ma’ruf, mantan asisten rumah tangga Sambo, juga mendapatkan pengurangan hukuman dari masing-masing 13 tahun dan 15 tahun menjadi 8 tahun dan 10 tahun pidana badan.

Dalam sidang kasasi, terdapat perbedaan pendapat di antara hakim-hakim MA. Dua dari lima hakim ingin Ferdy Sambo tetap dihukum mati, sementara tiga hakim lainnya berpendapat bahwa hukuman seumur hidup lebih sesuai. Akhirnya, keputusan kasasi yang diambil adalah menghukum Ferdy Sambo dengan penjara seumur hidup.

Selain itu, satu terpidana lainnya, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, yang merupakan mantan ajudan Ferdy Sambo, telah dibebaskan bersyarat. Pada tanggal 4 Agustus 2023, Richard Eliezer memulai program Cuti Bersyarat (CB) berdasarkan Pasal 114 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pamasyarakatan selama 6 bulan. Selama masa cuti bersyarat, Richard akan mengikuti bimbingan dari Pembimbing Kemasyarakatan.

Perkembangan ini memberikan gambaran tentang bagaimana pengadilan mengolah kasus pembunuhan tersebut dan mengambil keputusan terkait hukuman bagi para terpidana.

Post a Comment for "Pengurangan Hukuman Terpidana Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J"