China Kirim 28 Jet Tempur untuk "Kepung" Taiwan

China Kirim 28 Jet Tempur untuk "Kepung" Taiwan
awsimages.detik.net.id
TIYARMANGULO.COM
- Situasi di Selat Taiwan semakin memanas. Pada Minggu, 17 September 2023, China dilaporkan telah menerbangkan 28 pesawat tempur di sekitar wilayah Taiwan. Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim bahwa 20 pesawat dari total tersebut telah melintasi garis median jalur udara yang memisahkan Taiwan dengan daratan China. Jet-jet tersebut kemudian memasuki zona identifikasi pertahanan udara di sebelah tenggara dan barat daya dari Taipei.

Kementerian Pertahanan Taiwan menggambarkan peristiwa ini sebagai "misi latihan dan pelatihan jarak jauh" yang dilakukan oleh China. Mereka juga telah memantau situasi tersebut dengan menggunakan pesawat dan kapal patroli.

Peningkatan ketegangan ini terjadi setelah Taiwan melaporkan adanya peningkatan jumlah serangan pesawat tempur dan kapal China sejak pekan sebelumnya. Hal ini terjadi setelah pemerintah Beijing mengumumkan bahwa pasukan militer mereka berada dalam "siaga tinggi" sebagai respons terhadap transit dua kapal milik Amerika Serikat dan Kanada melalui Selat Taiwan bulan ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan mencatat bahwa dalam kurun waktu Rabu pagi hingga Kamis pagi pekan lalu, sebanyak 68 pesawat China dan 10 kapal angkatan laut China telah terdeteksi di sekitar wilayah Taiwan. Beberapa dari pesawat dan kapal perang tersebut diketahui sedang menuju ke wilayah yang tidak ditentukan di Pasifik Barat untuk melakukan pelatihan laut dan udara bersama dengan kapal induk Shandong.

Kapal induk Shandong adalah salah satu dari dua kapal induk yang dimiliki oleh China. Kapal ini pertama kali terdeteksi sekitar 110 km sebelah tenggara Taiwan menuju Pasifik Barat pada Senin pekan lalu.

Namun, hingga saat ini, China belum memberikan komentar resmi terkait dengan latihan militer yang mereka lakukan di wilayah Pasifik Barat. Pada bulan April sebelumnya, Beijing telah melakukan latihan militer yang bertujuan untuk mensimulasikan pengepungan terhadap Taiwan, yang dilakukan setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California.

Situasi ini memunculkan ketegangan yang semakin membesar di kawasan Asia Timur, terutama antara Taiwan dan China. Kedua pihak terus mengawasi perkembangan situasi ini dengan cermat, sementara dunia internasional juga memberikan perhatian yang besar terhadap perkembangan terbaru di Selat Taiwan.***

Post a Comment for "China Kirim 28 Jet Tempur untuk "Kepung" Taiwan"