Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila

Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila
Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila
TIYARMANGULO.COM
- G30S PKI, singkatan dari Gerakan 30 September, merupakan peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965 dengan tujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Peristiwa ini merupakan salah satu babak kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Berikut ini adalah rangkuman lengkapnya.

Latar Belakang G30S PKI

Peristiwa G30S PKI memiliki latar belakang yang kompleks. PKI, sebagai partai komunis, ingin mengubah ideologi Indonesia dari nasionalisme menjadi komunisme. Ketidakharmonisan muncul karena adanya perbedaan antara ideologi PKI dan nasionalisme yang dianut pemerintah saat itu. Selain itu, konflik politik juga muncul antara PKI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

PKI menginginkan kekuasaan dan berusaha menyingkirkan petinggi TNI untuk mencapainya. Mereka juga khawatir tentang kesehatan Presiden Soekarno yang menurun dan usianya yang tak lama lagi akan mengakibatkan peralihan kekuasaan. Hal-hal ini memicu gerakan pemberontakan yang tragis pada tanggal 30 September 1965.

Kronologi Peristiwa G30S PKI

Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila
Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila
Berikut adalah kronologi peristiwa G30S PKI:

30 September 1965:

  • Anggota PKI mendatangi kediaman beberapa petinggi TNI, seperti Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal R. Soeprapto, Letnan Jenderal S. Parman, Mayor Jenderal M.T Haryono, Mayor Jenderal D.I Pandjaitan, Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, dan Jenderal A.H. Nasution.
  • Mereka berpura-pura sebagai pasukan Cakrabirawa, pengawal istana, untuk menjemput petinggi TNI agar bertemu dengan Presiden Soekarno.
  • Beberapa petinggi TNI ikut dengan ajakan PKI dalam keadaan hidup, sementara Kapten Czi Pierre Andreas Tendean menjadi korban salah tangkap.
  • Keempat anggota TNI AD yang diculik dibawa ke markas di Pondok Gede, Jakarta Timur, dan dibunuh, lalu mayatnya dimasukkan ke sebuah sumur tua.
  • Ahmad Yani, M.T Haryono, dan D.I Pandjaitan ditembak di kediaman mereka masing-masing, lalu mayatnya dibawa ke markas tersebut yang kemudian dikenal sebagai Lubang Buaya.
  • Gerakan G30S PKI juga menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

1 Oktober 1965:

  • Pasukan Cakrabirawa di bawah pimpinan Mayor Jenderal Soeharto mengamankan Radio Republik Indonesia (RRI) dan fasilitas telekomunikasi untuk menyebarkan kabar bahwa Presiden Soekarno dan A.H. Nasution dalam keadaan selamat.

2 Oktober 1965:

  • Pemberontakan PKI dapat dipukul mundur dan TNI mencari tempat pembuangan mayat korban G30S PKI.

4 Oktober 1965:

  • Mayat korban G30S PKI ditemukan dan diangkat dari Lubang Buaya.

5 Oktober 1965:

  • Seluruh korban G30S PKI dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.
  • Presiden Soekarno mengangkat para korban G30S PKI sebagai Pahlawan Revolusi.

Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

Pada tahun 1966, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Soeharto menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang para korban G30S PKI. Penetapan ini kemudian diikuti dengan penetapan resmi oleh Presiden Soeharto pada tahun 1967 melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

Dengan penetapan ini, seluruh pasukan TNI Angkatan Darat wajib menggelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk menghormati dan mengenang para korban G30S PKI. Hari Kesaktian Pancasila menjadi hari yang wajib diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Penutup

Peristiwa G30S PKI adalah salah satu babak kelam dalam sejarah Indonesia yang mengakibatkan korban yang banyak. Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita mengenang dan menghormati para korban yang telah berjuang untuk menjaga keutuhan Pancasila dan negara Indonesia. Semoga pemahaman tentang peristiwa ini dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang sejarah bangsa kita.***

#SejarahIndonesia
#G30SPKI
#HariKesaktianPancasila
#PahlawanRevolution
#Nasionalisme
#PeristiwaSejarah
#Pancasila
#Indonesia
#KesatuanBangsa
#PemahamanSejarah

Post a Comment for "Rangkuman Peristiwa G30S PKI: Cikal Bakal Hari Kesaktian Pancasila"