Elon Musk Berencana Bawa Starlink ke Gaza Pasca Serangan Israel

Elon Musk Berencana Bawa Starlink ke Gaza Pasca Serangan Israel
Elon Musk Berencana Bawa Starlink ke Gaza Pasca Serangan Israel
Pendiri SpaceX, Elon Musk, telah mengumumkan rencananya untuk menyediakan akses internet melalui jaringan Starlink di wilayah Gaza. Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas terputusnya komunikasi di Gaza setelah serangan Israel pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Komunikasi yang terputus di Gaza telah membuat warga di sana terisolasi dari dunia luar. Akses telepon dan internet mati total, sehingga mereka tidak bisa menghubungi keluarga, ambulans, atau rekan-rekan di tempat lain. Selain itu, pemadaman listrik yang dimulai pada Jumat, 27 Oktober 2023, telah memperburuk situasi di Gaza, menghambat operasi rumah sakit dan menghalangi kontak dengan staf medis di lapangan.

Elon Musk dan Starlink

Elon Musk menyatakan bahwa jaringan Starlink akan digunakan untuk menyambungkan komunikasi dari Gaza ke organisasi bantuan yang diakui secara internasional. Namun, belum ada pihak yang meminta koneksi internet di wilayah Gaza sejauh ini, dan belum jelas siapa yang memiliki otoritas untuk jalur darat di Gaza.

Rencana ini, tentu saja, menimbulkan penolakan dari pihak Israel. Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, keras menentang upaya Musk untuk menyediakan akses internet di Gaza. Karhi berpendapat bahwa Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, akan memanfaatkannya untuk kegiatan teroris. Namun, belum ada keputusan resmi terkait penggunaan jaringan Starlink di Gaza.

Pada Februari 2022, setelah invasi Rusia ke Ukraina, satelit Starlink dipandang sangat penting untuk menjaga konektivitas internet di beberapa wilayah meskipun ada upaya gangguan dari Rusia. Elon Musk telah menolak memperluas cakupan wilayah Krimea yang diduduki Rusia dan menolak mengizinkan satelitnya digunakan untuk serangan Ukraina terhadap pasukan Rusia.

Rencana Elon Musk untuk membawa jaringan Starlink ke Gaza menjadi bagian dari upaya untuk mengembalikan komunikasi dan akses internet bagi warga Gaza yang terkena dampak serangan Israel. Namun, hal ini juga memunculkan perdebatan tentang potensi risiko dan dampak politik dari langkah ini. Kami akan terus mengikuti perkembangan selanjutnya terkait rencana ini.***

#ElonMusk #Starlink #Gaza #Israel #KoneksiInternet

Post a Comment for "Elon Musk Berencana Bawa Starlink ke Gaza Pasca Serangan Israel"