Joe Biden dan Xi Jinping Akan Bertemu di San Francisco pada November 2023

Joe Biden dan Xi Jinping Akan Bertemu di San Francisco pada November 2023
Joe Biden dan Xi Jinping Akan Bertemu di San Francisco pada November 2023

Amerika Serikat dan China sepakat untuk mengupayakan pertemuan antara pemimpin kedua negara, Joe Biden dan Xi Jinping, pada November 2023 mendatang. Keputusan ini diumumkan setelah Presiden Joe Biden bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di Gedung Putih pada Jumat (27/10) waktu setempat.

Ketegangan hubungan antara Amerika Serikat dan China telah menjadi sorotan utama dalam politik global, dan pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping diharapkan dapat menjadi tonggak penting untuk meredakan ketegangan tersebut.

Pada pertemuan dengan Wang Yi, Presiden Biden bahkan telah mengundang Presiden China Xi Jinping ke San Francisco, Amerika Serikat, untuk menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) yang akan berlangsung pada bulan November mendatang. Ini adalah tindakan yang menarik perhatian, mengingat ketegangan dalam hubungan bilateral kedua negara.

Setelah pertemuan Wang Yi, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan kesepakatan kedua negara untuk mempertahankan "diplomasi tingkat tinggi" dalam upaya untuk merestrukturisasi hubungan mereka. Dalam pernyataannya, Gedung Putih mengatakan, "Kedua belah pihak menegaskan kembali bahwa mereka bekerja sama menuju pertemuan antara Presiden Biden dan Presiden Xi Jinping di San Francisco pada bulan November."

Salah satu pejabat Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun konfirmasi resmi dari kedatangan Xi Jinping masih belum dipastikan, persiapan telah dimulai untuk menyambut pertemuan tersebut. Ini mencerminkan pentingnya pertemuan tersebut dalam mencari solusi atas berbagai isu global.

Joe Biden, dalam pertemuan dengan Wang Yi, telah menekankan pentingnya mengelola persaingan antara Amerika Serikat dan China dengan tanggung jawab dan menjaga saluran komunikasi yang terbuka. Ini adalah langkah positif dalam mengatasi perbedaan yang ada dan menghindari konfrontasi yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, Presiden Biden juga menyoroti pentingnya kerja sama antara Amerika Serikat dan China dalam menghadapi tantangan global, khususnya dalam konteks konflik Israel-Hamas yang tengah memanas. Pejabat Amerika Serikat mengungkapkan keprihatinan mendalam terhadap situasi di Timur Tengah dan mendorong China untuk mengambil pendekatan yang lebih konstruktif, termasuk berbicara dengan sekutu-sekutunya di wilayah tersebut.

Pertemuan Wang Yi di Washington merupakan bagian dari serangkaian kontak tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan China. Hal ini mencerminkan upaya kedua negara untuk mengejar solusi atas berbagai isu yang memengaruhi hubungan mereka.

Dalam situasi global yang semakin kompleks, pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping di San Francisco pada bulan November diharapkan dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat dan pemecahan masalah bersama. Kesepakatan ini menjadi sebuah tanda positif bahwa kedua negara bersedia bekerja sama untuk mencari solusi atas isu-isu yang dihadapi dunia saat ini.

Dengan harapan pertemuan ini dapat menjadi langkah awal untuk mengurangi ketegangan dan mencapai stabilitas dalam hubungan Amerika Serikat dan China, dunia akan terus memantau perkembangan lebih lanjut dalam persiapan dan hasil dari pertemuan tersebut.***

#JoeBidenXiJinpingMeeting
#DiplomasiTingkatTinggi
#ASChinaRelations
#APEC2023
#GlobalCooperation

Post a Comment for "Joe Biden dan Xi Jinping Akan Bertemu di San Francisco pada November 2023"