Ketua KPK Firli Bahuri Buka Suara Terkait Foto Viral Bersama Mentan Syahrul

Judul: Ketua KPK Firli Bahuri Buka Suara Terkait Foto Viral Bersama Mentan Syahrul  Pada tanggal 9 Oktober 2023, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan klarifikasi terkait foto viral bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan bulutangkis. Firli membenarkan pertemuan tersebut, namun ia menegaskan bahwa itu tidak melanggar aturan KPK.  Firli menjelaskan bahwa penyelidikan kasus korupsi Syahrul dimulai pada Januari 2023, sementara pertemuan mereka terjadi pada Maret 2022. Jadi, tidak ada kaitan dengan kasus yang diselidiki.  Foto pertemuan itu telah menjadi viral dan dikaitkan dengan dugaan pemerasan oleh KPK. Firli menekankan pertemuan itu tidak sembunyi-sembunyi dan Syahrul saat itu bukan tersangka. Firli juga menyinggung kemungkinan serangan balik koruptor.  Klarifikasi ini diharapkan menghilangkan kebingungan dan memahami bahwa pertemuan tersebut tidak terkait dengan tugas KPK dalam kasus Syahrul Yasin Limpo.

TIYARMANGULO.COM
- Pada tanggal 9 Oktober 2023, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akhirnya memberikan klarifikasi terkait foto viral yang menampilkan dirinya bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan bulutangkis. Dalam pernyataannya, Firli membenarkan bahwa pertemuan tersebut terjadi, namun ia menegaskan bahwa hal itu tidak melanggar aturan yang berlaku di KPK.

Firli menjelaskan bahwa penyelidikan kasus korupsi yang menyeret nama Syahrul dimulai pada Januari 2023, sedangkan pertemuan antara dirinya dan Syahrul terjadi pada 2 Maret 2022. Oleh karena itu, Firli menyatakan bahwa pertemuan tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus yang sedang diselidiki.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode (penyelidikan) tersebut," ujar Firli dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, foto pertemuan antara Firli dan Syahrul Yasin Limpo telah menjadi viral di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan keduanya sedang duduk di sebuah lapangan bulutangkis di kawasan Mangga Besar, Jakarta. Foto tersebut telah menjadi perbincangan di media sosial dan telah dikaitkan dengan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul, yang saat itu sedang diselidiki oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Firli juga menegaskan bahwa pertemuan tersebut tidak terjadi secara sembunyi-sembunyi atau di luar pengawasan. Ia menyatakan bahwa pertemuan itu berlangsung di tempat terbuka dan beramai-ramai. Selain itu, Firli juga menekankan bahwa pada saat pertemuan tersebut, status hukum Syahrul Yasin Limpo bukanlah tersangka, terdakwa, terpidana, atau pihak yang sedang berperkara di KPK. Firli juga mengklaim bahwa pertemuan itu bukan atas inisiasi atau undangan darinya.

Ketika foto pertemuan tersebut menjadi viral, Firli Bahuri juga menyebut kemungkinan adanya serangan balik oleh koruptor. Ia mengajak masyarakat untuk tidak tergiring oleh opini dan memahami konteks sebenarnya dari pertemuan tersebut.

Klarifikasi yang diberikan oleh Ketua KPK ini diharapkan dapat membantu menjernihkan informasi dan memahami bahwa pertemuan tersebut tidak terkait dengan tugas KPK dalam menyelidiki kasus korupsi yang melibatkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.***

Post a Comment for "Ketua KPK Firli Bahuri Buka Suara Terkait Foto Viral Bersama Mentan Syahrul"