Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana

Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana
Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana
Musisi Shena Malsiana, yang merupakan jebolan X Factor Indonesia, meninggal dunia pada Rabu (25/10) akibat Lupus Nefritis. Kematian Shena menjadi sorotan karena penyakit yang dideritanya, lupus nefritis, masih menjadi hal yang kurang dipahami oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara lengkap apa itu lupus nefritis, gejalanya, dan dampaknya pada kesehatan.

Apa Itu Lupus Nefritis?

Lupus nefritis adalah varian dari penyakit lupus, sebuah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan organ tubuh sendiri. Dalam kasus lupus nefritis, organ yang diserang adalah ginjal. Penyakit ini seringkali dapat menjadi kondisi yang serius dan mengancam nyawa.

Pengalaman Shena Malsiana

Shena Malsiana didiagnosis menderita lupus nefritis pada tahun 2021. Lupus nefritis menyerang ginjal, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan kerusakan pada organ penting ini. Pada tahap yang lebih parah, lupus nefritis dapat menyebabkan gagal ginjal, yang memerlukan pengobatan dialisis atau transplantasi ginjal.

Gejala Lupus Nefritis

Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana
Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana
Beberapa gejala lupus nefritis yang perlu diwaspadai meliputi:
  1. Urine Berdarah: Salah satu gejala paling umum adalah urine yang berwarna darah. Ini disebabkan oleh kerusakan pada ginjal yang mengakibatkan darah bercampur dalam urine.
  2. Urine Berbusa: Terlalu banyak protein dalam urine dapat membuatnya berbusa. Ini juga merupakan gejala yang umum terkait dengan lupus nefritis.
  3. Tekanan Darah Tinggi: Lupus nefritis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang jika tidak dikontrol, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
  4. Pembengkakan: Penderita lupus nefritis sering mengalami pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki, dan kadang-kadang di tangan dan wajah.
  5. Kadar Kreatinin Tinggi: Kreatinin adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan diekskresikan melalui ginjal. Kadar kreatinin yang tinggi dalam darah dapat menjadi indikasi kerusakan ginjal.
Dalam kondisi yang lebih parah, lupus nefritis dapat menyebabkan gagal ginjal, yang memerlukan perawatan medis serius, seperti dialisis atau transplantasi ginjal.

Dampak pada Kesehatan Lainnya

Orang dengan lupus nefritis juga berisiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan lainnya, seperti:
  1. Kanker: Terutama, kanker yang dimulai pada sel sistem kekebalan tubuh yang disebut limfoma sel B.
  2. Masalah Jantung dan Pembuluh Darah: Lupus nefritis dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan pembuluh darah.

Kesimpulan

Lupus nefritis adalah kondisi serius yang menyerang ginjal, dan Shena Malsiana adalah salah satu yang berjuang melawannya. Gejala-gejala seperti urine berdarah, urine berbusa, tekanan darah tinggi, dan pembengkakan adalah tanda-tanda lupus nefritis yang perlu diwaspadai. Pengetahuan tentang kondisi ini dapat membantu individu untuk mengenali gejalanya lebih awal dan mencari perawatan yang sesuai.

Kita semua harus menghargai upaya Shena Malsiana dalam membagikan pengalamannya dalam melawan lupus nefritis, dan semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penyakit ini kepada masyarakat.***

Post a Comment for "Lupus Nefritis dan Meninggalnya Shena Malsiana"