Peringatan HUT ke-78 TNI: Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Monas

Peringatan HUT ke-78 TNI: Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Monas
Peringatan HUT ke-78 TNI: Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Monas
TIYARMANGULO.COM
- Hari ini, Kamis, 5 Oktober 2023, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi akan memimpin upacara peringatan hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Perayaan ini menjadi momen penting untuk menghormati peran dan pengabdian TNI dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara ini telah dipersiapkan dengan matang oleh TNI, termasuk parade alutsista (alat utama sistem persenjataan) dan berbagai atraksi serta pertunjukan lainnya. Acara tersebut akan dimulai sekitar pukul 07.24 WIB dengan peniupan terompet, diikuti oleh acara pokok perayaan HUT TNI yang akan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 08.36 WIB.

Jokowi, selaku inspektur upacara, akan memberikan amanat dan tanda kehormatan dalam acara puncak peringatan HUT ke-78 TNI ini. Selama acara ini, Jokowi akan memberikan apresiasi dan penghormatan kepada para prajurit TNI yang telah berdedikasi tinggi dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Salah satu momen penting dalam peringatan HUT ke-78 TNI adalah pengerahan alutsista. Sebanyak 91 pesawat dari tiga angkatan akan dikerahkan dalam rangkaian acara ini. Selain itu, ada lebih dari 4.630 prajurit dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI. Tema yang diangkat dalam peringatan ini adalah 'TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'.

Atraksi udara menjadi salah satu sorotan dalam perayaan ini, dimulai dengan aksi terjun payung oleh 78 prajurit TNI dan anggota Polri. Atraksi ini melambangkan kerja sama antara TNI dan Polri dalam menjaga keamanan. Selanjutnya, dilakukan flypast pesawat gabungan dari darat, laut, dan udara, menampilkan berbagai jenis pesawat yang dimiliki oleh TNI. Tak hanya itu, ada juga atraksi aerobatik oleh Jupiter dan Pegasus Team, yang tampil bersamaan dengan pertunjukan teatrikal.

Selain atraksi udara, rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI juga menampilkan atraksi Kolose Senapan, yang melibatkan 678 prajurit menggunakan senapan laras panjang. Atraksi ini menjadi istimewa karena akan mencatatkan pemecahan rekor MURI dalam peringatan HUT TNI.

Tidak hanya itu, para tamu undangan dan masyarakat juga akan disuguhkan parade lebih dari 100 alutsista TNI, termasuk rudal-rudal dan sistem senjata, pesawat nirawak (drone), kendaraan tempur (ranpur), kendaraan taktis (rantis), mobil listrik, tank amphibi Marinir, dan banyak lagi.

Peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini menjadi momen penting untuk mengapresiasi peran TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Presiden Jokowi yang memimpin upacara ini juga menekankan pentingnya modernisasi alutsista secara bijak untuk mendukung pertahanan negara. Semoga peringatan ini menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk terus mendukung TNI dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.***

#HUTTNI78
#TNI78
#Jokowi
#Monas
#PatriotNKRI
#IndonesiaMaju
#ModernisasiAlutsista

Post a Comment for "Peringatan HUT ke-78 TNI: Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Monas"