Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India

Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India
Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India
TIYARMANGULO.COM
- Mukesh Ambani, sang maestro bisnis India yang menjadi salah satu orang terkaya di India dan dunia, memiliki perjalanan karir yang luar biasa. Namanya terkait erat dengan Reliance Industries Limited (RIL), perusahaan terkemuka di India yang bergerak di sektor energi dan material. Namun, perjalanan karirnya yang mengesankan dimulai dari titik awal yang tak terduga.

Mukesh Ambani, yang memiliki nama lengkap Mukesh Dhirubhai Ambani, adalah salah satu dari empat bersaudara dalam keluarga Dhirubhai Ambani. Pada awalnya, ia memulai karirnya sebagai seorang petugas pompa bensin. Mukesh lahir pada 19 April 1957, di Aden, Yaman. Namun, keluarganya pindah ke Bombay (sekarang dikenal sebagai Mumbai) pada tahun 1958 karena situasi politik yang tidak stabil di Aden.

Saat itu, mereka tinggal di sebuah rumah petak yang sederhana, sebuah bangunan komunal dengan dua kamar sewaan. Pada tahun yang sama, ayahnya, Dhirubhai, dan sepupunya mendirikan Reliance Commercial Corporation, sebuah bisnis perdagangan komoditas yang tumbuh menjadi RIL.

Mukesh Ambani mengejar pendidikan tinggi dan memperoleh gelar sarjana dalam teknik kimia dari Universitas Bombay (sekarang Universitas Mumbai). Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya dengan meraih gelar master dalam administrasi bisnis dari Universitas Stanford.
Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India
Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India
Namun, pada tahun 1981, Mukesh Ambani memutuskan untuk meninggalkan program pascasarjana tersebut dan bergabung dengan bisnis keluarganya. Di sana, ia berkontribusi dalam upaya diversifikasi perusahaan keluarganya ke berbagai bidang, termasuk komunikasi, infrastruktur, petrokimia, penyulingan minyak bumi, serat poliester, produksi gas, dan minyak.

Prestasi besar dalam karir Mukesh Ambani adalah ketika ia dinobatkan sebagai salah satu pemimpin bisnis paling dihormati di dunia oleh Pricewaterhouse Coopers pada tahun 2004. Setelah kematian ayahnya, Dhirubhai, pada tahun 2002, Mukesh dan saudaranya, Anil, mengambil alih kepemimpinan bersama di perusahaan Reliance.

Namun, perselisihan antara mereka atas kendali perusahaan mendorong ibu mereka, Kokilaben Ambani, untuk membagi aset Reliance melalui perjanjian nonkompetisi antara 2006 hingga 2010. Mukesh Ambani kemudian mengambil kendali atas unit gas, minyak, dan petrokimia sebagai bagian dari RIL di bawah payung Reliance Group.

Ambani juga berperan penting dalam menciptakan kilang minyak terbesar di dunia dan memimpin pembangunan fasilitas manufaktur canggih yang meningkatkan kapasitas produksi RIL secara signifikan.

Pada tahun 2006, Mukesh Ambani dipilih sebagai ketua KTT Ekonomi India Forum Ekonomi Dunia (WEF), sebuah organisasi internasional yang terdiri dari pemimpin bisnis, politisi, cendekiawan, dan anggota organisasi non-pemerintah terkemuka di dunia yang berkumpul untuk membahas isu-isu global seperti perdagangan, ekonomi, dan masalah sosial. Ia juga terpilih sebagai anggota Dewan Yayasan WEF pada tahun 2010.

Di tahun 2010-an, Mukesh Ambani memimpin pembangunan Jio Platforms, anak perusahaan RIL yang fokus pada telekomunikasi dan e-commerce. Merek Jio sukses menawarkan jaringan pertama di India untuk layanan broadband 4G. Selain itu, Ambani juga mendirikan tim kriket Mumbai Indians dalam Liga Utama India.

Pada tahun itu juga, surat kabar The Economic Times dan kantor berita Press Trust of India secara bersamaan menobatkannya sebagai orang terkaya di India dan dunia.

Kisah sukses Mukesh Ambani adalah bukti perjalanan luar biasa dari awal yang sederhana hingga menjadi salah satu tokoh bisnis paling berpengaruh di India dan di seluruh dunia.***

#MukeshAmbani #KisahSukses #PengusahaIndia #OrangTerkaya #InspirasiKarier #BisnisPetrokimia #RelianceIndustries #PertumbuhanKarier #Kewirausahaan #InovasiBisnis

Post a Comment for "Perjalanan Inspiratif Mukesh Ambani: Dari Petugas Pom Bensin Hingga Menjadi Orang Terkaya di India"