Uruguay Vs Brasil: Nunez Cemerlang, La Celeste Menang

Uruguay Vs Brasil: Nunez Cemerlang, La Celeste Menang
Uruguay Vs Brasil: Nunez Cemerlang, La Celeste Menang

TIYARMANGULO.COM
- Pada Rabu, 18 Oktober 2023, pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan mempertemukan Uruguay dengan Brasil di Estadio Centenario, Montevideo. Pertandingan ini menjadi sorotan karena Darwin Nunez tampil cemerlang, membawa La Celeste menang 2-0 melawan tim kuat Brasil.

Pertandingan dimulai dengan Brasil mencoba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Mereka menekan pertahanan Uruguay dengan pemain-pemain andalan seperti Neymar, Gabriel Jesus, Rodrygo, dan Vinicius Junior. Brasil ingin mencari gol secepat mungkin, tetapi pertahanan Uruguay yang kokoh membuat Brasil kesulitan menembusnya. Meskipun mendominasi penguasaan bola, Brasil tidak mampu mencapai kotak penalti Uruguay.

Hingga pertandingan berjalan setengah jam, belum ada satu tembakan pun yang dilakukan ke gawang oleh kedua tim. Kebuntuan akhirnya terpecah tiga menit sebelum turun minum. Gol pertama dalam pertandingan ini dicetak oleh Darwin Nunez dari Uruguay. Nunez menuntaskan serangan dari sisi kiri dengan sundulan ke tiang dekat gawang Ederson setelah menerima umpan silang Maximiliano Araujo.

Gol ini sempat ditinjau VAR karena adanya potensi offside, namun akhirnya gol tersebut disahkan. Penderitaan Brasil semakin bertambah setelah kehilangan Neymar karena cedera lutut di akhir injury time babak pertama. Neymar digantikan oleh Richarlison.

Dengan skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay, kedua tim melanjutkan pertandingan ke babak kedua. Brasil masih menguasai laga dan terus menekan pertahanan Uruguay untuk mencari gol penyama. Namun, serangan Brasil terus mengalami kebuntuan mencari peluang.

Salah satu kans terbaik didapat oleh Rodrygo pada menit ke-69 ketika tendangan bebas dari jarak 25 yard mampu melewati pagar hidup, namun akhirnya hanya mengenai mistar gawang Sergio Rochet.

Dalam keasyikan menyerang, pertahanan Brasil terbuka, dan ini dimanfaatkan oleh Uruguay untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-77. Darwin Nunez kembali menjadi arsitek gol dengan menerima umpan lemparan ke dalam dan melewati Gabriel Magalhaes di sisi kiri kotak penalti. Umpan pendek dari Nunez disambar Nicolas de la Cruz ke gawang Ederson, membuat skor menjadi 2-0.

Dengan tertinggal dua gol, Brasil kesulitan mengejar Uruguay, dan tuan rumah memasukkan Matias Vecino dan Matias Vina untuk memperkuat pertahanan demi mengamankan keunggulan. Hingga akhir pertandingan, Uruguay berhasil mempertahankan keunggulan 2-0.

Hasil ini membuat Uruguay naik ke posisi kedua klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan dengan tujuh poin dari empat pertandingan, unggul dalam produktivitas atas Brasil yang berada di posisi ketiga dengan jumlah poin yang sama.

Susunan Pemain:
Uruguay: Sergio Rochet; Nahitan Nandez (Bruno Mendez 68'), Ronald Araujo, Sebastian Caceres, Mathias Olivera (Matias Vina 84'); Federico Valverde, Manuel Ugarte, Nicolas de la Cruz; Facundo Pellestri (Joaquín Piquerez 88'), Darwin Nunez, Maximiliano Araujo (Matias Vecino 87').

Brasil: Ederson; Yan Couto (David Neres 73'), Marquinhos, Gabriel Magalhaes, Carlos Augusto (Guilherme Arana 77'); Casemiro, Bruno Guimaraes (Raphael Veiga 84'); Rodrygo, Neymar (Richarlison 45'), Vinicius Junior (Matheus Cunha 84'); Gabriel Jesus.

Pertandingan ini menjadi bukti bahwa dalam sepakbola, tidak selalu penguasaan bola yang menentukan hasil akhir pertandingan. Pertahanan yang kokoh dan kemampuan memanfaatkan peluang menjadi faktor kunci dalam meraih kemenangan, seperti yang ditunjukkan oleh Uruguay dalam pertandingan melawan Brasil.***

Post a Comment for "Uruguay Vs Brasil: Nunez Cemerlang, La Celeste Menang"