Fakta Sebenarnya Kasus Viral Pertunangan Bocah 10 Tahun di Sampang Madura

Fakta Sebenarnya Kasus Viral Pertunangan Bocah 10 Tahun di Sampang Madura
Fakta Sebenarnya Kasus Viral Pertunangan Bocah 10 Tahun di Sampang Madura | merdeka.com
Video sepasang anak bocah 10 tahun di Sampang, Madura, viral di media sosial. Setelah ditelusuri, bocah itu bukan menikah tapi tunangan. Dilansir dari detikSumut, berikut adalah fakta sebenarnya dari kasus ini.

1. Video Viral Anak Bocah 10 Tahun

Pada tanggal 3 November 2023, sebuah video viral menunjukkan seorang anak laki-laki dan perempuan berdiri berdampingan di depan rumah. Perempuan yang akan ditunangkan memegang buket uang pecahan Rp 100 ribu. Sementara itu, anak laki-laki mengenakan kopiah, baju putih, dan sarung, terus menebar senyum. Dalam keterangan video tersebut disebutkan bahwa kedua bocah tersebut masih berusia 10 tahun.

2. Lokasi Acara

Kanit Reskrim Polsek Robatal, Aipda Herry Serya, mengatakan bahwa acara tersebut berlokasi di Desa Pandiyangan, atau di rumah anak perempuan.

3. Tanggal Acara

Acara ini terjadi pada tanggal 22 Oktober 2023.

4. Usia Kedua Bocah

Mengenai usia kedua bocah tersebut, pihak berwenang masih melakukan penelusuran. Menurut keterangan Camat Robatal, Deas Steny, usia kedua bocah tersebut adalah 14 tahun, bukan 10 tahun seperti yang beredar di media sosial.

5. Pertunangan Bukan Pernikahan

Setelah melakukan klarifikasi, diketahui bahwa video viral tersebut adalah acara pertunangan, bukan pernikahan. Deas Steny menjelaskan bahwa pertunangan tersebut dilakukan oleh sejoli pelajar SMP berusia 14 tahun yang saling suka.

6. Orang Tua Mempunyai Hubungan Kekerabatan

Orang tua kedua anak tersebut tidak memiliki hubungan kekerabatan. Kedua orang tua bekerja di Malaysia, dan karena keduanya saling suka, akhirnya diikat dengan pertunangan.

Ini adalah fakta sebenarnya dari kasus viral bocah 10 tahun yang dinarasikan menikah di Sampang, Madura. Meskipun awalnya terlihat seperti pernikahan, setelah klarifikasi dari pihak berwenang, terbukti bahwa ini adalah sebuah pertunangan antara dua pelajar SMP yang usianya 14 tahun. Semoga kejadian seperti ini bisa memberikan pelajaran bahwa penting untuk melakukan klarifikasi sebelum menyebarluaskan informasi di media sosial.(*)

#faktasebenarnya #kasusviralsampang #pertunanganbukanpernikahan #anaksmp #klarifikasibocah10tahun #mediasosial #pentingnyaklarifikasi #sampangmadura #pendidikandantunangan #peristiwaberitaterbaru

Post a Comment for "Fakta Sebenarnya Kasus Viral Pertunangan Bocah 10 Tahun di Sampang Madura"