Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan

Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan
Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan | sukabumiupdate.com
Oppenheimer
Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan. Film biografi drama sejarah "Oppenheimer," yang dirilis pada 19 Juli 2023, adalah hasil karya sutradara terkenal, Christopher Nolan, yang juga ikut menulis skripnya. Inspirasi untuk film ini diambil dari buku "American Prometheus" yang ditulis oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin pada tahun 2005.

Dalam film ini, Cillian Murphy memainkan peran J. Robert Oppenheimer, seorang ilmuwan fisika teoretis terkemuka. Lahir pada 22 April 1904, Oppenheimer mengejar pendidikan di institusi terkemuka seperti Harvard, Cambridge, dan Goettingen, demi membangun dasar ilmiah yang kokoh.

Fokus utama film adalah penyusunan Proyek Manhattan, sebuah usaha rahasia yang dipimpin oleh Oppenheimer untuk mengembangkan senjata nuklir (bom) selama Perang Dunia II. Proyek ini tersebar di lokasi-lokasi seperti Hanford, Washington, Oak Ridge, Tennessee, dan Los Alamos, New Mexico. Namun, ketika Oppenheimer menyadari dampak mengerikan yang timbul dari senjata nuklir (bom), dia mulai menyesal.

"Oppenheimer" adalah salah satu pengalaman sinema yang benar-benar luar biasa. Ini bukanlah film Christopher Nolan yang bisa ditonton dengan santai, karena ceritanya begitu kompleks sehingga membutuhkan perhatian ekstra.

Film ini memiliki durasi tiga jam yang penuh dengan alur cerita yang padat dan twist yang tak terduga. Meskipun bagi mereka yang telah membaca buku tentang J. Robert Oppenheimer, beberapa twist mungkin dirasakan biasa saja. Meskipun berdurasi tiga jam, waktu terasa cepat berlalu karena penonton terlibat sepenuhnya dalam cerita. Bagian awal mungkin agak lambat, tetapi segera film ini memunculkan ketegangan yang membuat penonton terpaku pada layar selama paruh kedua dan ketiga.

Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan

Salah satu kekuatan utama film ini adalah para pemeran yang memberikan penampilan yang luar biasa dan mampu memerankan karakter dengan sangat baik. Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer membawakan peran tersebut dengan sangat meyakinkan.

Musik yang mengiringi setiap adegan memberikan tambahan lapisan emosi dan mendukung suasana film dengan sempurna. Selain itu, 'efek praktis bom atom' dalam film ini cukup memuaskan dan menambah nilai kesan visual.

Meskipun film ini memiliki banyak keunggulan, ada beberapa kekurangan. Plotnya berjalan sangat cepat sehingga penonton yang tidak fokus sepenuhnya mungkin kehilangan detail penting. Dialog-dialognya juga berlangsung dengan cepat, sehingga ada risiko penonton merasa bingung jika mereka berpaling sebentar dari layar.

Walau "Oppenheimer" tayang bersamaan dengan film lain seperti Barbie, film ini berhasil menonjol dalam semua aspeknya. Meskipun banyak yang mungkin tidak mengantisipasi tingkat kerumitan ceritanya, skor yang saya berikan untuk film ini adalah 8/10.

Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan. Untuk para penonton yang mungkin tidak menyukai film ini karena berharap sesuatu yang berbeda, sebaiknya mereka membaca informasi tentang filmnya terlebih dahulu. Ketika saya menontonnya, banyak orang meninggalkan ruangan bioskop, mungkin karena mereka tidak siap untuk mengikuti tingkat kerumitan dan kompleksitas cerita yang ditawarkan oleh "Oppenheimer."(*)

Post a Comment for "Oppenheimer Kisah Kompleks Seorang Ilmuwan dan Proyek Manhattan"