Semangka Sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial

Semangka Sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial
Semangka Sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial | detik.com
Semangka telah menjadi simbol perlawanan Palestina terhadap Israel, mengemuka dalam wujud dukungan yang semakin kuat di tengah konflik dengan Hamas. Simbol semangka digunakan kreatif oleh beberapa warganet sebagai cara untuk menyuarakan solidaritas mereka dengan Palestina melalui media sosial.

Sejumlah warganet telah memilih untuk mengadopsi simbol semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina di media sosial. Meskipun terlihat sebagai tren baru, sebenarnya simbol ini telah digunakan selama bertahun-tahun.

Salah satu contoh adalah Sueanna Joe, seorang ibu rumah tangga dan ilustrator, yang membuat gambar semangka dengan tiga kepalan tangan yang dia bagikan di Twitter. Ia mengundang pengguna media sosial lain untuk menggunakan ilustrasinya sebagai foto profil, sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

Di sisi lain, akun Instagram Selena Jinah juga turut serta dalam gerakan ini dengan mengunggah ilustrasi seorang anak perempuan yang duduk di atas tumpukan buah semangka. Gambar ini mencakup latar belakang wilayah Gaza dan tagar genosida Gaza.

Semangka Sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial

Sejumlah akun lain juga telah menciptakan ilustrasi mereka sendiri terinspirasi oleh semangka. Hal ini disebabkan oleh seringnya bendera Palestina dilarang atau diblokir di media sosial. Munculnya simbol semangka sebagai dukungan Palestina bermula dari pembatasan atas penggunaan bendera Palestina di media sosial. Warna semangka, yaitu merah, putih, hitam, dan hijau, dianggap mirip dengan warna bendera Palestina. Buah semangka juga memiliki makna budaya dan identitas Palestina, tumbuh di seluruh wilayah Palestina, dari Jenin hingga Gaza, serta sering digunakan dalam berbagai hidangan dan karya sastra nasional. 

Selama bertahun-tahun, semangka telah menjadi simbol perlawanan yang digunakan oleh warga Palestina untuk menyuarakan protes terhadap penindasan Israel terhadap identitas dan bendera mereka. Dengan semakin maraknya dukungan semangka di media sosial, simbol ini kembali menguatkan pesan solidaritas dengan Palestina.

Simbol semangka telah menjadi ungkapan dukungan yang kuat bagi Palestina di tengah konflik yang berkecamuk dengan Israel. Dengan penggunaan yang kreatif dan simbolisme yang kuat, semangka menjadi cara sederhana namun efektif bagi individu di seluruh dunia untuk mendukung perjuangan Palestina di dunia maya.***

#SemangkaUntukPalestina #DukunganPalestina #SolidaritasSemangka #PerlawananMelaluiSemangka #SimbolSemangkaPalestina #Semangka

Post a Comment for "Semangka Sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial"