Undangan Pernikahan sebagai Modus Penipuan di WhatsApp

Undangan Pernikahan sebagai Modus Penipuan di WhatsApp
Undangan Pernikahan sebagai Modus Penipuan di WhatsApp | antaranews.com
Pakar keamanan siber, Alfons Tanujaya dari Vaksincom, telah mengungkapkan modus penipuan yang menggunakan undangan pernikahan yang disebar melalui aplikasi WhatsApp (WA). Penipuan ini dilakukan dengan mengirim undangan dalam format Android Package Kit (APK). Modus ini terbilang klasik dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial, yang sejalan dengan perkembangan digitalisasi dalam dunia perbankan.

Dalam era digital ini, banyak transaksi keuangan yang dilakukan melalui kanal digital, seperti mobile banking dan dompet digital. Motif penipuan ini mencoba memanfaatkan kondisi tersebut.

Alfons menjelaskan bahwa teknik penipuan ini mengharuskan korban untuk mengunduh undangan pernikahan dalam bentuk aplikasi yang dirancang untuk mencuri SMS one-time password (OTP) yang digunakan untuk mengakses rekening atau saldo di dompet digital korban.

Aplikasi ini, yang menampilkan dua sosok pengantin untuk mengelabui korban, meminta izin akses untuk mengirim dan melihat SMS di ponsel korban ketika dibuka. Jika korban memberikan izin tersebut, aplikasi tersebut dapat membaca SMS yang masuk ke ponsel, termasuk SMS OTP dari layanan mobile banking, WhatsApp, dan lainnya. SMS-sms ini kemudian akan dikirim ke akun Telegram penipu.

Undangan Pernikahan sebagai Modus Penipuan di WhatsApp

Alfons menegaskan bahwa jika hal ini terjadi, maka penipu akan memiliki akses ke akun mobile banking korban dari ponsel mereka. Ini menjadi lebih berisiko jika layanan finansial tidak menyediakan lapisan keamanan tambahan seperti verifikasi ganda.

Namun, Alfons juga mencatat bahwa pengembang Android telah menyediakan beberapa mekanisme pencegahan. Aplikasi ilegal, seperti yang digunakan dalam penipuan ini, tidak dapat diinstal langsung dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store. Namun, pengguna harus tetap waspada dan mematikan fitur instalasi otomatis dari luar Google Play Store untuk mencegah penipuan semacam ini.

Untuk mematikan fitur ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
2. Cari opsi "Instal Aplikasi yang Tidak Dikenal."
3. Pilih "Jangan Izinkan Instal Aplikasi yang Tidak Dikenal."

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, pengguna dapat mengurangi risiko jatuh ke dalam perangkap penipuan yang menggunakan undangan pernikahan palsu melalui WhatsApp.(*)

Post a Comment for "Undangan Pernikahan sebagai Modus Penipuan di WhatsApp"